- Kontributor
26 Agustus 2020 0:0:0 460

Kemenag Balut Siap Dampingi UKM untuk Sertifikasi Halal

Ket: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut H. Moh. Taslim, MM, saat menghadiri Sosialisasi Izin Industri dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) tingkat Kabupaten Banggai Laut Tahun 2020 bertempat di Ruang Balai Pertemuan Umum Desa Lampa, Rabu (26/08/2020).


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut H. Moh. Taslim menyampaikan, pihaknya siap untuk mendampingi UKM yang akan mengajukan sertifikasi halal.

Hal ini dikatakan saat menghadiri undangan sekaligus membawakan materi pada kegiatan Sosialisasi Izin Industri dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) tingkat Kabupaten Banggai Laut Tahun 2020, di Ruang Balai Pertemuan Umum Desa Lampa, Rabu (26/08/2020).

Taslim dalam materinya menyampaikan terkait Mekanisme dan Alur Pengajuan Sertifikasi Halal serta  akan memfasilitasi kepada UKM yang mendaftakan produknya untuk mendapatkan sertifikasi halal.

“Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut akan mendampingi siapa saja yang akan mengajukan permohonan untuk mendapatkan sertifikasi halal,” ujar Taslim.

Sesuai Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, Sertifikat halal bukan lagi diterbitkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sejak 17 Oktober 2019, kewenangan tersebut dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) melalui satuan tugas (Satgas) Halal Kemenag di daerah.

Kegiatan yang diselenggaraan oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Banggai Laut ini dibuka secara resmi oleh Bupati Banggai Laut Drs. Wenny Bukamo dengan dihadiri sebanyak 40 peserta dari berbagai jenis Usaha Kecil Menengahnya.

Sebelum membuka, H. Wenny menyampaikan bahwa perlu adanya sertifikasi pada setiap produk, serta memastikan bahwa produk yang ditawarkan sesuai dengan standarisasi yang berlaku. Standar itulah yang menjadi ukuran untuk diawasi.

“Kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan apa yang disampaikan dapat dilaksanakan,” harap Wenny. (SU)

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex