- Kontributor
18 Februari 2021 0:0:0 291

Melalui MGMP, Dorong Guru Bermutu Untuk Madrasah Lebih Maju

Ket: Kasubbag TU, Hj. Sitti Nurna


Poso (Kanwil Sulteng) – MAN 1 Poso mengadakan kegiatan MGMP rumpun MIPA, PAI, Bahasa dan IPS, yang dirangkaikan dengan penyusunan soal UM rumpun PAI dan Bahsa Arab, yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna MAN, Kamis, (18/2/2021).

Kegiatan yang di buka oleh Kakan Kemenag Poso yang diwakili Kasubbag TU, Hj. Sitti Nurna’imah ini dihadiri oleh Ketua Pokjawas, Sri Widodo, dan Kepala MAN 1 Poso, Sutami M. Idris selaku ketua KKM.

Dalam laporannya, Kamad MAN 1 Poso, Sutami M. Idris mengatakan bahwa dasar pemikiran kegiatan ini adalah berdasarkan surat edaran Dirjen Pendis Nomor 1381 Tahun 2020 tentang juknis penyelenggaraan dan pengembangan MGMP dan Nomor 752 tahun 2021 tentang Poso Ujian madrasah sehingga kegiatan hari ini adalah penyusunan AD/ART dan program kerja rumpun Mapel MIPA, PAI, Bahasa dan IPS serta peyusunan soal ujian madrasah.

Sementara itu, Ketua Pokjawas, Sri Widodo menyampaikan evaluasi terkait PKKM kedepan agar madrasah bisa lebih kompak dan harus membentuk tim yang dapat mendukung MGMP rumpun Mata Pelajaran untuk lebih berkreasi.

Dalam sambutannya, Kasubbag TU, Hj. Sitti Nurna’imah menyampaikan bahwa pelaksanaan MGMP ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. Berdasarkan Undang-undang nomor 14 Tahun 2005, seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

“Jika guru itu memiliki kompetensi dipastikan mutu dan kualitas pendidikan madrasah menjadi lebih baik, juga dapat mencetak siswa pandai (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik)," kata Hj. Nurna’imah yang akrab di sapa ibu Nunu ini.

Sebelum menutup sambutannya, dia berharap agar kegiatan MGMP bisa terus berinovasi berkesinambungan agar supaya guru-guru terus berinovasi sehingga menghasilkan produk-produk yang bermutu bagi dunia pendidikan khususnya bagi madrtasah dari tingkat MA sampai RA.

“Oleh karena itu, guru sebagai profesi mulia untuk mencetak SDM unggul dan berkarakter, terlebih maju dan mundurnya bangsa tergantung keberhasilan proses pendidikan”. Tuturnya.

Dia juga mengajak agar seluruh ASN Kemenag Poso terus menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M, sebagaimana yang di instrusikan oleh Menteri Agama.(Zhaq)

 

 

 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex