- Kontributor
31 Agustus 2022 0:0:0 153

Sasar Remaja Usia Sekolah, Siswa SMA dan MA Di Bekali Binwin

Ket:


Poso (Kemenag Sulteng) – Kantor Kementerian Agama  Kab. Poso melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam laksanakan Bimbingan Perkawinan Remaja Usia  Sekolah, yang dilaksanakan di Lab SMA Negeri 4 Poso, Rabu, (31/8).

Hadir dalam acara tersebut Kakankemenag Kab. Poso, Hj. Marwiah, M.Si, Kasi Bimas Islam H. Wawa Suryatna, Kepala Sekolah Negeri 4 Poso, Hj. Betsi Kabilaha. Binwin diikuti 100 siswa dan siswi dari 4 sekolah, yakni, MA Muhamadiyah, MA. Al-Ikhlas, MA. Al-Khairaat Poso, dan SMA Negeri 4 Poso.

Dalam laporannya, H. Wawa Suryatna, menyampaikan pelaksanaan perdana bimwin ini kami selenggarakan, sebelumnya sempat tertunda karena PPKM. Meski demikian acara ini kami laksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” katanya.

Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta yang sudah hadir untuk menerima materi pra nikah. “Materi yang akan disampaikan ini diharap menjadi bekal dan pengetahuan bagi anak-anak usia sekolah terkait pernikahan, setelah mecapai usia nikah yang sudah diatur oleh pemerintah yaitu 19 tahun, laki-laki maupun perempuan”, tambahnya.

Diakhir sambutannya ia menyampaikan, inti tujuan dilaksanakannya binwin pada usia remaja ini untuk mempersiapkan bekal Perkawinan sejak usia remaja dan menekan adanya pernikahan dini terkhusus di Kabupaten Poso.

Sementara itu, Kakan Kemenag Poso, Hj. Marwiah usai membuka acara menyampaikan terkait visi dan misi pernikahan yang tidak lain adalah untuk beribadah.

“Visi pernikahan adalah mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah, baiti jannati. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan misi yang tepat diantaranya pelayanan, pengayoman dan dakwah atau pendidikan,” jelasnya.

Ia juga menekankan kepada remaja usia sekolah agar tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas. Karena pergaulan bebas itu melanggar norma agama dan merusak diri sendiri. Jangan sampai cita-cita dan masa depan yang sudah dirancang rusak begitu saja karena pergaulan bebas. Kita harus menjaga diri kita dari perbuatan tersebut,” imbuh Marwiah.

Turut hadir pula pada kegiatan itu, dari BKKBN  Kab. Poso, Nurhayati, S.ST. Keb. Sebagai pemateri dan juga Kepala KUA Kec. Poso Kota, Hendi Subhan Syafii, M.Hi sebagai motivator binwin.

 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex