- Kontributor
9 Desember 2019 0:0:0 694

Kasi Pendis Kemenag Palu: Operator adalah Jantung Madrasah

Ket:


PALU, (HUMAS KEMENAG) ---  Jumat (06/12), bertempat di Aula Kantor Kemenag Kota Palu, Seksi Pendidikan Islam melaksanakan  Rapat evaluasi operator Education Managemen Information System (EMIS) Madrasah Se Kota Palu Tahun 2019. Rapat ini dihadiri oleh 69 operator dari 72 operator yang ada mulai jenjang RA, MI, MTs, MA Negeri dan swasta dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Palu.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kasi Pendis, Nurlaili. Dalam Sambutannya Nurlaili berpesan kepada operator agar banyak bersabar dalam bekerja. “Kalian adalah pekerja keras, harus tetap semangat, karena  Operator adalah jantung Madrasah, semua data Madrasah ada pada kalian, kalian orang luar biasa berperan dalam meningkatkan Madrasah yang berkualitas,” tuturnya.

Dengan banyaknya kekurangan fasilitas, Nurlali menegaskan kepada para Kepala Madrasah Negeri dan Swasta lebih memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan  kesejahteraan operator. Harapanya agar  operator madrasah se kota Palu dapat menjadi yang terbaik dan terdepan dalam menyelesaikan pendataan EMIS, dan menjadi barometer Kemenag Kabupaten lain.

“Tidak lama lagi kita akan menghadapi Ujian Nasional, untuk Kota Palu ada 55 madrasah  dari jenjang MI, MTS dan MA yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan bukan lagi ujian kertas pensil (UNKP). Ini harus kita sukseskan bersama sama, operator berperan besar dalam tahapan ini,” kata Nurlaili.

Operator EMIS Kota Palu Syafiyamilza yang juga sebagai moderator memberikan komentar terkait suka duka menjadi seorang operator EMIS.
“Operator EMIS adalah manusia biasa, kami sadar penuh banyak kekurangan ilmu dan pengalaman. Kami bukannya Sarjana Ahli komputer, IT, statistik, dan lain sebagainya tetapi  background pendidikan kami beragam. Namun kami selalu berusaha untuk belajar dan belajar lebih memahami EMIS secara aplikasi dan pendataan dengan banyaknya keterbatasan fasilitas yang dimiliki sebagai operator,” ungkapnya.

“Semoga kejasama, kerja keras, dan kerja ikhlas operator madrasah selama ini menjadi ladang amal dihari kemudian dan Allah Swt selalu meridhoi kerja-kerja kita selama ini,” tutup Syafiyamilza

Kegiatan rapat evaluasi ini  membahas beberapa hal, diantaranya evaluasi keberhasilan, kelemahan dan kendala-kendala yang di hadapi oleh operator EMIS selama 1 tahun terakhir, evaluasi pemutahiran data EMIS, Identifikasi secara khusus masalah jaringan aplikasi EMIS yang sering sulit di akses, operator diharapkan dapat menyiapkan secara ofline dan tersimpan template data EMIS (data siswa, data PTK/GTK, Sapras ) yang dibutuhkan sebagai pangkalan data di Madrasah masing-masing.

Rapat evaluasi ini juga membahas dua rencana tindak lanjut, yang pertama mengenai Kesejahteraan operator khususnya operator honorer. Harapanya  agar mereka mendapat perhatian lebih khusus dari Kepala Madrasah dan ditingkatkan honor sebagai operator disesuaikan dengan UMR kota Palu, karena operator juga staf/admin tata usaha memiliki jam kerja relatif lebih banyak dari jam kantor, hal ini dikarenakan harus selalu menjaga jaringan server EMIS normal dan stabil saat mengupload data pada waktu diatas 00.00 (bahkan sampai subuh dini hari). Yang kedua adalah rencana tindak lanjut Seksi Pendis yang akan melaksanakan fungsi kontrol, dalam rangka mengaktifkan kembali peran operator Induk Kelompok Kerja Madrasah (KKM) agar selalu membangun komunikasi, koordinasi, konsultasi (3 K) bersama madrasah anggota KKM tentang kendala-kendala  yang umum dan khusus dihadapai dalam mengerjakan upload data dalam aplikasi EMIS.
 
(Ica/Fuad)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex