KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
6 November 2023 0:0:0 125

Kemenag Donggala Laksanakan Pembinaan Rumah Tangga Sukinah Hindu

Ket: Kakankemenag Donggala, H. Rusdin, membuka pembinaan rumah tangga sukinah hindu


Donggala (Kemenag Sulteng) – Pembinaan rumah tangga sukinah merupakan salah satu program dari Kementerian Agama yang pelaksanaannya oleh Penyelenggara Hindu yang ada di tingkat kabupaten/kota. Pembinaan ini diharapkan dapat mewujudkan keluarga Hindu yang sehat, cerdas dan sejahtera. Hal ini dikatakan Kepala Kemenag Kab Donggala Rusdin, saat membuka kegiatan ini, Minggu 5 November 2023.

Rusdin mengatakan, keluarga bahagia sejahtera merupakan impian setiap pasangan suami istri, olehnya dalam rumah tangga, senantiasa dihadirkan suasana penuh kedamaian, kesejukan, dan kenikmatan. 

 

Orang berkeluarga itu ibarat mengarungi lautan, katanya, jika tidak ada gelombang dalam rumah tangga, maka tidak menarik. Karena hal tersebut menjadi semacam bumbu dalam rumah tangga, yang akan menambah nikmat dalam perkawinan, ungkapnya.

Pada Kesempatan yang sama, Penyelenggara Hindu Kemenag Donggala I Nyoman Dana, mengatakan tujuan kegiatan keluarga Sukinah Agama Hindu, adalah membentuk sebuah keluarga Hindu yang sehat, cerdas, harmonis, bahagia, dan sejahtera dalam menurunkan putra putri yang Suputra.

Olehnya itu, dalam membangun  keluarga  sukinah, ada 3 hal yang perlu diperhatikan dan dijalankan. Pertama, adanya saling kepercayaan antara suami dan istri, kedua saling mengisi kekurangan satu sama lain, dan ketiga saling menjaga diantara keduanya.

Bagi setiap  pasangan, mendirikan rumah tangga bahagia adalah sebuah tujuan dan komitmen bersama, dan bahagia tidak diukur dari hubungan antara suami istri saja, namun juga melibatkan kebahagiaan sang anak, meskipun demikian peran dominan tergabungnya keluarga harmonis dan sukinah bertumpu pada peran suami dan istri yang dijalankan dengan benar, ujarnya.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Agus Sudastra, yang juga Penyuluh Agama Hindu pada Kabupaten Donggala, pembinaan Rumah Tangga Sukinah umat Hindu ini diikuti sebanyak 20 pasangan yang berasal dari Desa Budi Mukti, Parisan Agung, Karya Mukti, Lembah Mukti, dan Tuan rumah Desa Malonas.

 

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Kasubag Tata Usaha Kantor Kemenag Kab Donggala Sarina Unok, Camat Dampelas, Kepala Desa Malonas, tokoh masyarakat Hindu di Kecamatan Dampelas, dan Para Penyuluh Agama Hindu di Kecamatan Dampelas.

 

 

Tags terkait: -
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex