- Kontributor
23 September 2022 0:0:0 160

Silaturrahmi Bersama Bupati Tolitoli, Forkopimda Dan Tokoh Agama, Kakanwil Sampaikan Tentang Moderasi Beragama

Ket: Kakanwil Kemenag Sulawesi tengah Drs H. Ulyas Taha.,M.Pd saat memberikan sambutan pada kegiatan silaturrahmi bersama BUpati dan forkopimda dan tokoh agama, masyarakat , perempuan dan pemuda di aula Balre Tau Dako Lipu, Rabu malam(22/9/22).


Tolitoli (Kemenag Sulteng),-Kerukunan dimasyarakat, kerukunan umat beragama atau internal umat beragama itu harus dimulai dari rumah tangga. Bagaimana kemampuan kita untuk membangun kerukunan didalam rumah tangga itulah yang akan menjadi cerminan kita untuk membangun kerukunan umat beragama dimasyarakat.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha saat memberikan sambutan pada kegiatan silaturrahmi bersama Bupati Tolitoli, Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda di Aula Balre Tau Dako Lipu rumah Jabatan Bupati Tolitoli, Kamis malam, (22/9/22).

“Membangun kerukunan itu harus dimulai dari rumah tangga, Jika kita rukun membangun rumah tangga maka kita akan mampu membangun kerukunan dimasyarakat” tutur Kakanwil.

Lanjut Kakanwil mengatakan mengapa penting moderasi beragama, mengapa penting dicanangkan tahun toleransi karena moderasi beragama sangat penting dalam rangka menjaga dan membangun kerukunan umat beragama.

“Banyak orang bertanya apa itu moderasi beragama dan banyak juga yang salah paham karena moderasi beragama dianggap memoderasi agama” katanya.

Moderasi beragama adalah sikap dan perilaku seseorang dalam mengamalkan agama yang dia yakini didalam masyarakat secara moderat, jelas kakanwil.

Jadi yang dimaksud moderasi adalah moderasi beragama bukan moderasi agamanya, jadi agama tidak perlu dimoderasi karena agama sudah moderat, agama itu adalah yang paling benar karena sumbernya dari sumber yang paling benar, jadi tidak perlu dimoderasi oleh manusia yang dimoderasi itu adalah sikap dan perilaku, jadi yang dimoderasi itu adalah cara kita beragama, ungkap Kakanwil.

“Saya ingin menegaskan bahwa yang dimoderasi itu bukan agamanya melainkan cara pandang, sikap dan perilaku kita dalam beragama" tegasnya

Sementara itu, Bupati Tolitoli Amran H. Yahya dalam sambutannya mengatakan selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli menyampaikan terima kasih kepada Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah beserta jajarannya yang telah berkunjung ke Kabupaten Tolitoli semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dan memperoleh kesan yang baik selama berada di Kabupaten Tolitoli.

Lewat momen silaturrahmi ini, sinergitas dan hubungan yang harmonis yang terjalin antara Pemerintah Kabupaten Tolitoli dengan mitra kerja Forkopimda terus terjalin dengan baik khususnya dengan jajaran kementerian Agama Kabupaten Tolitoli.

Pemerintah Kabupaten Tolitoli tentunya akan mendukung dan mensupport terhadap program dan kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli. Hal ini tentunya untuk kebaikan masyarakat terutama dalam kehidupan keluarga dan rumah tangga sehingga sinergitas ini dapat terus terjalin dengan baik, ungkap Bupati.

Kegiatan silaturrahmi tersebut ditutup dengan pemberian cenderamata dari Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah kepada Bupati Tolitoli dan sebaliknya serta  diakhiri dengan foto bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sulteng, Kabid Bimais Kanwil kemenag Sulteng, Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Tolitoli, Pejabat dilingkungan Kemenag Tolitoli, pejabat dilingkungan Pemda Tolitoli, Tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda.

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex