- Kontributor
9 Juli 2020 0:0:0 559

31 CJH Kecamatan Poso Pesisir Ikuti Sosialisasi KMA No. 494 Tahun 2020

Ket: Foto Kakan Kemenag Poso, H. Makmur Muh. Arief saat menyampaikan Materi Pada Kegiatan Sosialisasi KMA No. 494 Di KUA Kec. Poso Pesisir


Poso (Kemenag Sulteng) – Sekitar 23 Calon Jamaah Haji Kecamatan Poso Pesisir terunda keberangkatan ke Tanah Suci tahun ini. Mereka akan di berangkatkan tahun depan. Biaya perjalanan haji yang sudah dibayarkan bisa diambil lagi atau tetap disimpan. Keputusan itu menyusul diterbitkannya Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M. Hal ini disampaikan oleh Kakan Kemenag Poso, H. Makmur Muh Arief yang didampingi Kasi PHU, Purnawarman Loi, S.Ag, dan Kepala KUA Poso Pesisir, Drs. Siddiq. B pada saat membuka sekaligus menyampaikan materi pada kegiatan Sosialisasi KMA No. 494 Tahun 2020, yang di selenggarakan oleh seksi PHU Kemenag Poso, bertempat di Aula KUA Kec. Poso Pesisir, Rabu, (09/07/2020).

“Ya benar, menurut KMA No. 494 Tahun 2020 tentang pembatalan keberangkatan haji, maka tahun ini keberangkatan calon jamaah haji Kab. Poso dibatalkan”, jelas Kakan Kemenag.

Ia juga menjelaskan bahwa menurut KMA tersebut, kebijakan berikutnya bagi jamaah haji yang berangkat tahun ini memiliki dua opsi tindak lanjut. Pertama diperbolehkan mengambil kembali uang yang sudah di setor sebagai pelunasan atau Kedua, menabung uang tersebut untuk digunakan berangkat haji tahun depan.

“Jadi uang bisa dikembalikan kepada jamaah yang mau ambil, tapi bisa juga di tabung karena ada nilai manfaatnya”, paparnya.

“Intinya mereka yang sudah mendaftar dan melunasi biaya penyelenggaraan haji yang tidak jadi berangkat tahun ini, akan menjadi prioritas pengisian kuota tahun 2021”, tegasnya.

H. Makmur meminta kepada calon jamaah haji agar tidak khawatir dan sabar menunggu menjadi tamu Allah, karena meskipun gagal berangkat tahun ini, akan berangkat tahun depan, istilahnya hanya tertunda.

“Jamaah harus sabar dan ikhlas serta terus menjaga kesehatan jasmani dan rohaninya sembari menunggu pemberangkatan tahun depan”, Pintanya.

 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex