- Kontributor
6 Februari 2020 0:0:0 729

Kakanwil, Kuasai Kompetensi sebagai Guru, Pengawas dan Kepala Madrasah

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng Dr. H. Rusman Langke, M.Pd memberikan sambutan dan materi serta membuka kegiatan Seminar Nasional Pendidikan di hotel Best Western Palu. Kamis, 6/02/ 2020. (foto : Ahsan)


Palu (Kemenag Sulteng) - Kakanwil Kemenag Sulteng memberikan sambutan dan materi pada kegiatan Seminar Nasional Pendidikan "Transformasi Model Pembelajaran menyongsong Era Society 5.0 yang dilaksanakan oleh Kerjasama Pokjawas Madrasah Provinsi dengan Kanwil Kemenag Sulteng di hotel Best Western Palu. kamis, 6/02/ 2020.

Pembicara pada kegiatan ini adalah Prof. DR. H. Suyitno, M.Ag (Direktur Guru & Tenaga Kependidikan Madrasah Ditjen Pendis Kemenag RI), Prof. DR. H. Sagaf Pettalongi, M.Pd  (Rektor IAIN Palu) dan DR. H. Rusman Langke, M.Pd ( Kakanwil Kemenag Sulteng)

Dalam sambutannya Kakanwil Rusman Langke  sangat mengapresiasi dan bangga atas terlaksananya  kegiatan ini dalam memotivasi tenaga pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan kualitas output pendidikan madrasah dan pendidikan agama di Sulawesi Tengah.

Kakanwil mengingatkan bahwa pendidikan tidak terlepas pada 4 aspek  yaitu Input, Proses,  output dan Outcome dalam menghadapi Era Society 5.0

Rusman Langke menekankan aspek Proses pada pendidikan untuk menghasilkan  output dan outcome  pendidikan madrasah dan pendidikan agama di sulteng .

“Prestasi yang kita peroleh masih harus ditingkatkan terutama  kualitas dan  kuantitas prestasi di tingkat nasional. KSM tahun ini dan kedepan diharapkan kontingen Sulteng bisa mendapatkan banyak medali. Ini adalah  tantangan bagi madrasah, pengawas dan guru” Kata Rusman

Kakanwil mengharapkan agar para guru menguasai Kompetensinya, kompetensi sebagai seorang guru ada 4 yaitu  paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Juga para pengawas, Kepala Madrasah harus menguasai kompetensinya.

Prof. Dr. H. Suyitno, M.Ag menekankan Tugas dan Fungsi guru adalah mengajar, mendidik, mengevaluasi dan menilai, tugas seorang guru adalah sebagai pendidik dan tidak bisa diganti oleh aplikasi manapun.

Suyitno juga menekankan guru harus menguasai  kompetensinya yaitu  kompetensi profesional, pedagogik,  sosial dan profesional.

Kegiatan ini diikuti oleh 1.008 peserta  yang terdiri dari para Tenaga Pendidik dan Kependidikan Madrasah. Dihadiri pula oleh Kabag TU, Kabid Penmad, Kabid PAKIS Kemenag Sulteng serta  Para Kasi Pendis Kanwil dan  Kemenag Kab/Kota di Sulawesi Tengah.

(zidia)

 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex