- Kontributor
14 April 2023 0:0:0 150

Penguatan Moderasi Beragama bagi Penyuluh Agama Kristen, Kemenag Sulteng Bekali 170 Peserta

Ket: Kakanwil (tengah berbaju putih) foto bersama peserta kegiatan Penguatan Moderasi Beragama, Jumat (14/4/23)


Palu (Kemenag Sulteng) – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng melalui Bidang Bimbingan Masyarakat Kristen menggelar kegiatan penguatan moderasi beragama bagi penyuluh, pembina, dan tenaga teknis keagamaan Kristen di lingkungan Kanwil Kemenag Sulteng, Jumat (14/4/23).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan serta ilmu pengetahuan tentang tugas dan fungsi penyuluh agama Kristen dalam mewujudkan umat beragama yang hidup toleransi di Sulteng ini, dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu dan dihadiri oleh 170 peserta.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Ulyas Taha, mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan moderasi beragama seluruh peserta di wilayah kerjanya, sehingga pesan moderasi beragama yang digaungkan oleh Kemenag dapat menjangkau semua umat Kristen di Sulteng.

“Kerukunan antar umat beragama tidak muncul secara tiba-tiba, melainkan merupakan hasil dari kesadaran bersama tentang bahaya perpecahan dan egoisme. Kerukunan merupakan ikhtiar bersama untuk hidup saling menghormati dan tidak memberi ruang bagi tumbuhnya saling curiga, membenci, dan memusuhi, yang akhirnya dapat menghancurkan persatuan dan persaudaraan,” ungkapnya.

“Kami yakin program pembangunan kerukunan umat beragama yang dilaksanakan secara masif, terstruktur, dan sistematis seperti kegiatan ini akan mampu memberikan dampak positif,” sambungnya.

Kakanwil Ulyas memandang bahwa seluruh peserta adalah agen moderasi beragama yang dapat turut serta berperan mewujudkan masyarakat yang beriman, bertakwa, dan menebarkan cara beragama yang tidak lepas dari nilai perdamaian dan persaudaraan.

“Moderasi beragama sangat penting dalam menjaga keseimbangan hak beragama dan komitmen kebangsaan. Sinergi antara seluruh elemen di bawah naungan Kemenag dalam menjalankan program prioritas ini adalah salah satu kuncinya. Olehnya kami berharap seluruh peserta menyampaikan muatan-muatan moderasi beragama yang didapatkan dari kegiatan ini kepada umat binaan masing-masing,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini, peserta dibekali berbagai materi oleh Tim Pokja Moderasi Beragama Nasional. Adapun materi-materi yang disajikan, yaitu Moderasi Beragama dan Peranan Pemerintah dalam Pembangunan Kerukunan Umat Beragama di Provinsi Sulawesi Tengah, Wawasan Kebangsaan Guna Penguatan Implementasi Moderasi Beragama, Urgensi Moderasi Beragama, dan Analisis Sosial dengan Perangkat Analisis Gunung Es.

 

Tags: -

Editor: Humas Monica
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex