- Kontributor
30 April 2022 0:0:0 193

MAN 2 Kota Palu Raih Predikat A dalam Pelaporan SIPKA dan SAKIP

Ket: MAN 2 Kota Palu raih Predikat A dalam pelaporan realisasi data capaian satker melalui aplikasi SIPKA dan SAKIP


MAN Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Peningkatan kinerja aparatur dan kualitas layanan kepada masyarakat menjadi salah satu tujuan penting Kementerian Agama,  SIPKA dan SAKIP menjadi aplikasi penting yang berperan sebagai alat ukur terhadap pencapaian tersebut. Melalui pelaporan aplikasi SIPKA dan SAKIP untuk tahun 2021, MAN 2 Kota Palu meraih  predikat A dengan kategori baik  dalam capaian realisasi target kinerja dan realisasi anggaran, pada Sabtu, 23 April 2022.

Sejak Tahun 2016, Kementerian Agama telah mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Performa Kementerian Agama (SIPKA) sebagai salah alat ukur capaian kinerja aparatur dan kualitas layanan publik. Selain aplikasi SIPKA tersebut, selaras dengan sistem akuntabilitas keuangan negara, setiap unit kerja di bawah naungan Kementerian Agama juga harus melakukan  pelaporan melalui aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Pelaporan pada setiap sistem aplikasi ini dilakukan per triwulan di setiap tahunnya.

Hingga saat ini, MAN 2 Kota Palu masih sebagai satu-satunya madrasah di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah yang melakukan dan mengelola pelaporan capaian kinerja aparatur serta kualitas serapan anggaran  melalui kedua aplikasi tersebut.

Sesuai sistem, pelaporan SIPKA dan SAKIP di awal tahun 2022 ini merupakan laporan capaian input data kinerja serta serapn anggaran untuk tahun sebelumnya, yaitu tahun 2021. Admin SIPKA dan SAKIP MAN 2 Kota Palu, Nur’ain Al Mahdali melaporkan capaian kinerja satker berada di angka 80% dengan predikat A atau Baik. Sedang untuk target realisasi anggaran satker berada di angka 91,07% , juga dengan predikat Baik.  

Atas pencapaian tersebut, Kaur TU MAN 2 Kota Palu, Heri Kustanto berharap  dapat menjadi bahan evaluasi bagi optimalisasi pencapaian kinerja  madrasah di masa yang akan datang. Menurutnya, masih banyak hal yang perlu ditingkatkan untuk mencapai target realisasi MAN 2 Kota Palu sebagaimana yang diharapkan dalam RENSTRA madrasah  

Muh. Syamsu Nursi, selaku Kepala MAN 2 Kota Palu menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh staf administrasi MAN 2 Kota Palu. Secara khusus, dirinya menyampaikan komplimen kepada Kaur TU, Heri Kustanto beserta seluruh stafnya. Pelaporan melalui aplikasi SIPKA dan SAKIP dapat tercapai karena adanya kerja keras serta komitmen staf administrasi melalui proses input data capaian kinerja satker yang telah terealisasi.

Syamsu berharap, melalui predikat yang telah dicapai ini, MAN 2 Kota Palu bisa membangun integritas, melakukan evaluasi bersama dan menyusun penyempurnaan rencana untuk optimalisasi capaian kinerja bulan-bulan berikutnya, pungkasnya.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex