- Kontributor
22 Maret 2022 0:0:0 177

Kakankemenag Donggala Tutup Konsultasi Paham Keagamaan Tokoh Agama Dampelas

Ket: Kepala Kantor Kemenag Donggala H. Rusdin, tutup konsultasi paham keagamaam dengan tokoh Agama Kecamatan Dampelas


Donggala ( Kemenag Sulteng) Temu Konsultasi  Paham Kegamaan tindaklanjut program percontohan (proper)  Daerah Binaan Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, ditutup oleh Kepala Kantor Kemenag Donggala, H. Rusdin, didampingi oleh Kepala Sesksi  Bimbingan Masyarakat Islam, H. Darwin Panessai dan Ketua Assosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Donggala, Hayyun Nur, di Hotel Zamrud Palu, senin (21/3-2022)

Dalam arahannya H.Rusdin mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan keharmonisan dalam kerukunan umat beragama dalam masyarakat di wilayah Kecamatan Dampelas dan membendung  arus paham  Radikalisme dan terorisme  di kalangan masyarakat.

Karena keberadaan Desa Binaan menjadi bagian dari pencegahan masuknya paham keagamaan yang menyimpang serta terciptanya kerukunan antar umat beragama, sesuai dengan Visi Kementerian Agama Sulawesi Tengah yaitu “Terwujudnya masyarakat Sulawesi Tengah, yang taat beragama, rukun, cerdas dan sejahtera lahir batin”.

Olehnya itu, pendampingan secara berkelanjutan terhadap masyarakat  Kecamatan Dampelas  agar tetap istiqomah terhadap ajaran Islam dan secara aktif  merawat kerukunan antar umat beragama, para peserta  yang  telah  mengikuti  kegiatan  konsultasi paham keagamaan  selama  dua hari  dapat  ilmu pengetahuan, tutur  Rusdin.

Pada kesempatan yang sama, H. Darwin Panessai, mengungkapkan bahwa orang yang beragama dengan baik akan membawa manfaat  bagi dirinya dan orang lain serta beragama yang baik dan benar tentu akan menjunjung tinggi  nilai-nilai kemanusian, tidak suka menghina agama orang lain dan mengamalkan agamanya sesuai kemampuannya.

Sebaliknya orang yang paham agamanya  bermasalah, karena salah memahami  ajaran agama yang dianut, indikator paham agama yang bermasalah adalah merasa dirinya paling benar, tidak toleran, tidak mau menerima pendapat orang lain, tertutup, melakukan tindakan  kekerasan  dan pengetahuan agamanya  setengah-setengah, terangnya.

Kemudian melalui program percontohan Ditjen Bimas Islam Kemenag RI. sudah banyak dilakukan antara lain melakukan peningkatan  kesehatan sosial  melalui pendampingan dan bimbingan terhadap umat secara berkesinambungan, melaksanakan pememotongan hewan qurban, memberikan bantuan  5  Masjid  dan 5  Mushalla, sudah melaksanakan pembinaan pada masyarakat  Mualaf dan telah memberikan  bantuan hewan ternak sebanyak  10 ekor sapi, tutup Darwin.

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex