- Kontributor
17 Desember 2021 0:0:0 265

BSI dan Para Imam Jalin Kerja Sama untuk Optimalkan Peran Masjid di Tengah Masyarakat

Ket:


Poso (Kemenag Sulteng ) – Kementerian Agama Kabupaten Poso dan Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Poso bersinergi mengoptimalkan peran masjid untuk penguatan ekonomi masyarakat.

Sebagai langkah awal, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Poso, H. Makmur Muh. Arief bersama Kepala BSI Cabang Poso, Minarti menghadiri kegiatan Sosialisasi Pembuatan Rekening untuk Para Imam. Kegiatan yang dihadiri 30 imam masjid yang ada di Kecamatan Pamona Selatan ini dilaksanakan di Gedung MTsN 3 Poso, Jum’at (17/12/2021).

Dalam sambutannya, Kepala BSI, Minarti mengatakan saat ini masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, melainkan juga sebagai pusat peradaban bagi umat Islam. Karena masjid dapat berfungsi sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi umat, seperti penyelenggara Baitul Maal, unit pelayanan zakat, infaq dan shodaqah. Oleh karena itu, masjid menyimpan potensi yang sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan umat sekaligus menjadi pilar penting terwujudnya cita-cita Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia.

“Kedepannya, kami berharap dapat bersinergi dengan para Imam dibawah dukungan Kementerian Agama dalam mengoptimalkan pengelolaan dana masjid, sehingga semangat untuk memakmurkan dan dimakmurkan oleh masjid dapat tercapai,” lanjutnya.

Kepala Kemenag Poso, H. Makmur menyebut kerja sama yang dilakukan oleh BSI dan para imam bisa memaksimalkan potensi besar dari masjid yang ada di IKecamatan Pamona Selatan. Karena itu, Makmur menyebut masjid saat ini tidak lagi menjadi pusat pengembangan agama saja tetapi harus bisa menjadi pusat pengembangan ekonomi untuk umat.

“Upaya BSI membawa produk digitalnya ke masjid akan mempercepat pemberdayaan umat,” lanjutnya.

“Kementerian Agama Poso menyambut positif apa yang dilakukan BSI dan Para Imam hari ini, karena masjid adalah tempat yang strategis untuk pemberdayaan umat. Dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi, digitalisasi dan inovasi adalah kuncinya.

Ada 3 manfaat inovasi dan digitalisasi, yaitu meningkatkan produktivitas, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan partisipasi dalam segala aktivitas,” tutupnya

Dalam kesempatan yang sama Kepala BSI Cabang Poso memberikan bantuan untuk pembangunan Gedung Serbaguna MTsN 3 Poso yang disaksikan oleh Kepala KanKemenag Kab. Poso.

 

 

 

 

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex