- Kontributor
5 Agustus 2020 0:0:0 317

Kepala Kemenag Donggala Membuka Diklat Di Wilayah Kerja (DDWK)

Ket: Kepala Kemenag Donggala H.Rusdin saat membuka Diklat di Wilayah Kerja (DDWK)


Donggala (Kemenag Sulteng ) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kab. Donggala, H. Rusdin, membuka secara resmi Diklat Di Wilayah Kerja  (DDWK) Penyuluh Agama Multikultural Non PNS, di Kantor Kementerian Agama  Kabupaten  Donggala, yang dilaksanakan oleh  Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado, di Aula Kemenag, selasa (04/8-2020)

Dalam sambutannya Rusdin menjelaskan Keputusan  Menteri Agama (KMA) 164  tahun 1996 Jo No 776 tentang Honorarium Penyuluh Agama Non PNS  dan Keputusan Ditjen Bimas Islam  No. DJ.III /342/ tahun 2016 tentang petunjuk  teknis pengangkatan penyuluh Non PNS.

"Penyuluh Agama Non PNS diberi  tugas tanggung jawab  dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan bimbingan dan penyuluhan dan program pembangunan melalui pintu bahasa agama" Kata Kakankemenag.

Kemudian Penyuluh  Agama Non PNS, mengkonsepkan multikultural  yaitu konsep pandangan terhadap keanekaragaman hidup di dunia , ataupun kebijakan kebudayaan  yang menekankan tentang  penerimaan terhadap  adanya keragaman dan berbagai macam budaya di dalam masyarakat menyankut nilai-nilai, sistem sosial praktik budaya, adat istiadat dan filosopi, ungkapnya.

Rusdin mengungkapkan bahwa strategi penyuluh Non PNS dapat menganalisa kebutuhan kelompok binaan, membuat skala prioritas  serta penyerbarluaskan informasi melalui medsos, sedangkan teknik komunikasi penyuluhan,  yang digunakan gabungan antara komunikasi informatif, komunikasi persuasif dan komunikasi dengan kearifan lokal setiap kolompok binaan.

Kakankemenag mengharapkan kepada Penyuluh Non PNS setelah mengikuti diklat ini dapat membantu untuk menggugah ummat agar dapat berpartisipasi aktif menghentikan penyebaran  covid- 19 dengan selalu menerapkan  SOP Covid-19 dalam aktivitas sehari-hari baik secara individu maupun  kolompok.

Pembukaan Diklat di wIlayah Kerja (DDWK) dihadiri juga Kasubbag TU Kemenag Donggala Sarina Unok, Kasi Bimas Islam, H. Darwin Panessai,  Kasi PHU, H.Burhan Munawir,  Penyelenggara Hindu, Inyoman Dana dan jumlah peserta diklat sebanyak  30 orang, 23 penyuluh Islam, 4 orang penyuluh Kristen dan 3 orang Penyuluh agama Hindu.  (humas)   

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex