- Kontributor
11 Juli 2022 0:0:0 127

Tahun ini Civitas MTs. N 2 Tojo Una Una sembelih 1 ekor sapi kurban

Ket: Proses Penyembelihan Hewan Kurban


Ampana (Kemenag Sulteng) - Dalam memperingati perayaan hari raya Idul Adha 1443H/2022M, Civitas Akademik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tojo Una Una, Senin (11/07/2022) bertempat di halaman depan madrasah melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 1 ekor sapi disaksikan Kepala Madrasah, para guru, siswa siswi serta masyarakat disekitar madrasah.

Kepala MTsN 2 Tojo Una Una Muhsin D Umar mengatakan, penyembelihan kurban bertujuan untuk mensyiarkan hari raya Idul Adha dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara Keluarga besar MTsN 2 Tojo Una Una  dengan masyarakat lingkungan sekitar madrasah.

"Selain sebagai wadah mempererat tali silaturahmi kami dengan masyarakat sekitar, ini sesungguhnya sarana meningkatkan keimanan hamba kepada sang Khaliq," kata Muhsin.

Di saat yang sama pula, ketua pantia penyembelihan hewan kurban MTsN 2 Tojo Una Una  Harmoko Ilham Salelang menyatakan makna utama dalam pelaksanaan kurban di Madrasah ini yaitu untuk meneladani kepatuhan Nabi Ibrahim kepada Allah, dan bagaimana ketabahan Siti Hajar sebagai seorang ibu serta ketaatan Ismail sebagai seorang anak kepada orang tuanya dan tentunya kepada Allah SWT.

"Berkurban adalah kepatuhan atau ketaatan serta pula kesabaran kita atas apa yang menjadi ketentuan Allah, seperti yang ditunjukkan Nabi Ibrahim As. Oleh karena itu, khususnya kepada anak anak Madrasah, saya berharap mereka mampu menerapkan nilai nilai yang baik atau perilaku yang terpuji seperti yang dilakukan Nabi Ismail, baik kepada orang tua dan kepada para guru dan pegawai di Madrasah ini," ujarnya.

Sebagai informasi kegiatan yang dilaksanakan mulai pada pukul 06:45 WITA, diawali dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. Setelah selesai melakukan pemotongan hewan kurban, daging kurban dibersihkan kemudian di antar langsung  kepada siswa siswi sebanyak 8 (delapan) orang, pegawai serta masyarakat sekitar MTsN 2 Tojo Una Una  yang sebelumnya telah didaftarkan oleh Panitia. Hal ini sesuai dengan Surat edaran Menteri Agama bahwa panitia tak lagi menyediakan kupon kurban melainkan langsung diantar ke penerima.

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex