- Kontributor
14 April 2022 0:0:0 252

Kakankemenag Donggala Lakukan Safari Ramadhan Di Desa Sioyong Kecamatan Dampelas

Ket: Kepala Kantor Kemenag Donggala H.Rusdin, melakukan Safari Ramadhan di Dusun Simantomo Sioyong dan memberikan bantuan Al-Qur


Donggala (Kemenag Sulteng),- Kepala Kantor Kemenag Donggala, H.Rusdin, bersama dengan Assosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Donggala, melakukan Safari Ramadhan  di Kecamatan Dampelas Desa Sioyong Dusun Simantomo, Selasa ( 12/4-2022).

Pada kesempatan itu, H. Rusdin, menyerahkan bantuan Al-Qur’an sebanyak 20 buah kepada warga Mualaf di Dusun Simantomo Desa binaan Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, yang diterima oleh pengurus masjid Lifus di Masjid Mujahidin  Simantomo,  disaksikan oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Donggala, H. Darwin Panessai.

Menurut Kakankemenag, keutamaan Puasa Ramadhan dalam Hadits Rasulullah Saw, dijelaskan bahwa baranga siapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah swt,  maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, dan juga puasa bisa mengajarkan kita untuk selalu bersabar dan  bersyukur atas nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita semua.

Tambah H. Rusdin, bahwa keutamaan bulan Ramadhan bagi umat Islam adalah adanya salah satu malam yang dirahasiakan oleh Allah dalam bulan Ramadhan yang jika beribadah dan beramal baik pada malam tersebut maka pahalanya lebih baik dari pada seribu bulan, hal ini dijlaskan bahwa malam lailatul qadar bertepatan  pada sepertiga malam ganjil diakhir bulan Ramadhan, ujarnya.

Olehnya itu, ada beberapa amal Ibadah yang bisa dilakukan pada bulan Ramadhan yaitu  salat tarawih, salat sunnah, membaca Al-Qur’an, bersedeqah, memberikan buka puasa bagi orang yang tidak mampu dan melakukan umrah di bulan Ramadhan  bagi yang mampu, agar mendapatkan  makna bulan Ramadhan  yang Istimewa, Jelasnya.

Sementara itu, ditenpat yang sama H. Darwin Panessai, menyampaikan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan kedermawanan Nabi Muhammad Saw, memberikan teladan terbaik dengan banyak bersedeqah dan menjadi orang  paling dermawan pada bulan suci Ramadhan, memberikan  bantuan kepada orang yang tidak mampu  dan mengurangi beban fakir miskin.

Selain itu, bulan Ramadhan juga adalah bulan pengampunan dosa dan kebebasan dari siksa api neraka terhadap orang yang berpuasa karena keimanan dan semata-mata untuk mengharapkan  ridha Allah Swt, karena bulan Ramadhan pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu, kata Darwin.

Karena itu dengan mengetahui berbagai keutamaan di bulan Ramadhan bagi kita umat Islam, dapat memperbanyak amalan dan semakin bertakwa dalam menjalani  ibadah puasa Ramadhan yang menjadikan pribadi yang lebih baik, tutur  Darwin.  

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex