Humas Monica Kontributor
1 Juni 2024 11:30:0 461

ASN Kemenag Sulteng Didorong Berperan Aktif Merawat Keberagaman

Ket: Foto bersama usai pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila di halaman Kanwil Kemenag Sulteng, Sabtu (1/6/2024).


Palu (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng Ulyas Taha, mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Sulteng agar semakin aktif berperan dalam merawat keberagaman di tengah masyarakat.

Hal ini menjadi amanat Kakanwil Ulyas selaku pembina upacara dalam upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di halaman Kanwil Kemenag Sulteng, Sabtu (1/6/2024).

“Mari kita resapi makna syukur bahwa sebagai bangsa yang besar dengan berbagai suku, etnis, dan agama, bangsa Indonesia tetap bisa hidup berdampingan dalam keadaan yang aman. Tentunya hal itu bisa terlaksana karena kita memiliki Pancasila sebagai satu dasar negara yang mempersatukan,” ungkap Kakanwil.

Kemenag sendiri, lanjut Kakanwil, mengusung konsep moderasi beragama untuk memelihara Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila dengan mengajak seluruh penganut agama memiliki cara pandang juga sikap pengamalan agama yang moderat.

“Tentu selaku ASN Kemenag, kita semua menjadi barisan terdepan untuk merawat keberagaman ini melalui program-program Kemenag yang hadir di masyarakat. Negara membutuhkan ASN Kemenag untuk lebih berperan dalam merawat kerukunan,” imbuh Kakanwil.

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Ulyas Taha.

Kakanwil mengatakan, Menteri Agama selalu berpesan bahwa ASN Kemenag harus mencerminkan kehadiran Kemenag yang bisa dirasakan di masyarakat dengan menjadi orang yang memiliki kepekaan dan kepedulian sosial.

“Kelahiran Pancasila adalah sebuah bukti bahwa bangsa ini dibangun atas keberagaman. Para pendahulu kita telah memberi contoh ketika ada perbedaan, yang dikedepankan tetaplah kepentingan bangsa dan negara, bukan kepentingan kelompok apalagi pribadi. Hal itu patut kita teladani,” tegas Kakanwil.

Kakanwil juga mengajak seluruh ASN Kemenag untuk mengambil makna dari kelahiran Pancasila, yaitu bagaimana perbedaan dapat memperkuat semangat untuk membangun bangsa. "Terima kasih atas komitmen bersama membangun bangsa dan cita-cita luhur yang kita miliki sebagai ASN Kemenag," tutupnya.

Upacara ini diikuti oleh ASN Kanwil Kemenag Sulteng, ASN Kemenag Kota Palu, ASN Kemenag Kabupaten Donggala, serta ASN dan pejabat dari UPT BKN Palu.

Editor: Humas Monica
Fotografer: Humas Ahsan
Tags: Sekjen Upacara
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex