- Kontributor
30 Mei 2023 0:0:0 80

Kemenag Parimo Gelar Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Dan Pasangan Catin

Ket:


Parigi(Kemenag Sulteng)-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menggelar kegiatan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pra Nikah dan pasangan Calon Pengantin (Catin) yang akan melaksanakan perkawinan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh KaKankemenag Parimo H Ahmad Hasni di aula lantai dua gedung PLHUT Kemenag Parimo Senin 29 mei 2023.

Dalam arahannya Kakankemenag menyampaikan bahwa Bimbingan perkawinan kepada Calon pengantin (Catin) adalah sangat diperlukan untuk menjadi pengetahuan dalam mewujudkan keluarga bahagia, agar mempunyai kesadaran bersama saat membangun keluarga yang sehat dan berkualitas.

Ahmad mengungkapkan sesuai data, kabupaten Parigi Moutong masih terdapat angka perceraian yang cukup tinggi.

Hal ini menjadi tanda tanya besar mengapa ini terjadi, padahal sebelum melaksanakan pernikahan, tentu tidak ada niat untuk bercerai.

Olehnya melalui kegiatan Bimwin diharapkan kepada peserta calon pengantin dapat membuat komitmen bahwa jangan pernah ada niat setelah menikah kita bercerai. 

Kesungguhan dalam mengatasi berbagai konflik keluarga, serta komitmen dalam menghadapai berbagai tantangan kehidupan global yang semakin berat, menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu prasyarat yang harus dimiliki oleh setiap pasangan yang akan menikah.

Tanpa semua itu keluarga yang kokoh dan tangguh akan sulit diwujudkan, akibatnya kehidupan perkawinan menjadi rapuh dan rentan mengalami konflik tak berujung serta berakhir dengan perpecahan.

Kepada Para Catin saya mengajak untuk ikuti dengan baik kegiatan Bimwin, agar kedepannya setelah melakukan pernikahan sudah mempunyai bekal untuk mengarungi bahtera rumah tangga, bahagia bersama anak-anak dan langgeng dunia akhirat, tutur Ahmad.

Sementara itu Kepala Seksi Bimas Islam Kankemenag Parimo Darsono mengatakan tujuan kegiatan bimbingan perkawinan Pra Nikah dan Pasangan Calon pengantin adalah untuk mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warrahmah.

Yakni keluarga yang kokoh, tangguh untuk membangun rumah tangga. 

Selanjutnya Darsono menyampaikan jumlah peserta mengikuti bimbingan Perkawinan sebanyak 150 pasang, yang berasal dari 3 zona.

Yakni zona 1 terdiri dari kecamatan Parigi, Parigi Barat, Parigi Tengah dan Parigi Utara. 

Zona 2 dari kecamatan Parigi Selatan, Torue, Balinggi dan Sausu.

Sedangkan zona 3 dari kecamatan Siniu sampai kecamatan Toribulu, yang masing-masing zona mengirimkan 50 pasang catin.(Ahdal)

Editor: kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex