- Kontributor
3 Maret 2021 0:0:0 293

Kemenag Sulteng Gelar Peningkatan Kompetensi Pengurus Masjid Di Parimo

Ket:


Parigi (Kemenag Sulteng) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah menggelar kegiatan peningkatan kualitas kompetensi Pengurus Masjid di Parigi Moutong.
Masjid adalah rumah ibadah bagi umat Islam yang digunakan untuk mengabdi kepada Allah Subhanahu Wataala, ungkap Rusman Langke, saat membuka kegiatan peningkatan kualitas pengurus Masjid di Aula Hotel Pelawa, Selasa, 2 Maret 2021.

Ia mengatakan, Masjid juga mempunyai fungsi pusat pendidikan dan dakwah.
Seiring perkembangan zaman, kini fungsi masjid berkembang menjadi sentral dalam berbagai aspek di kehidupan masyarakat.

Selain itu, Masjid juga berfungsi dan berperan sebagai tempat melaksanakan aktivitas ibadah sebagai tempat kajian keislaman dan tempat membina qari dan qariah. Kegiatan ini secara umum bertujuan menciptakan kekhusyuan dan kepuasan jamaah dalam beribadah, tuturnya.

Saat ini, kebutuhan pengelolaan masjid yang profesional menjadi dambaan bersama. Sehingga, hal itu membutuhkan imam dan pengelola masjid yang kompeten di bidangnya.

Seorang imam masjid kata dia, tidak hanya dituntut memiliki pemahaman fiqih shalat dan kemampuan membaca Al-Quran dengan Tahsin dan Tartil. Namun, imam masjid juga mesti memiliki kemampuan membimbing umat, memahami problematika umat, memiliki kemampuan memimpin shalat, berkhutbah dan memiliki wawasan kebangsaan. Olehnya Rusman menjelaskan Kementerian Agama diberikan tugas oleh pemerintah dalam  penyelenggaraan status dan fungsinya sebagaimana keputusan Menteri Agama nomor 394 tahun 2004, ujarnya.

Diharapkan dari kegiatan itu, mampu meningkatkan kompetensi pengurus masjid dalam pelaksanaan ibadah shalat. Juga ada peningkatan pemahaman fiqih imam masjid agar dapat merespon permasalahan umat Islam.

Kegiatan ini di hadiri oleh KaKanKemenag Parimo Muslimin, para pejabat eselon IV Kankemenag serta di ikuti 50 orang pengurus masjid dari Kecamatan Ampibabo hingga Sausu,  dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

By. (Ahdal)

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex