- Kontributor
13 November 2021 0:0:0 162

Lewat Zakat Profesi, Kakankemenag Berharap Bisa Kurangi Angka Kemiskinan di Kota Palu

Ket: penyaluran zakat kepada para asnaf


Palu (Kemenag Sulteng) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Nasruddin L. Midu  menghadiri penyaluran dan pendistribusian dana zakat, infak dan sedekah di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palu, Rabu (10/11).
       
Mengawali sambutannya, Nasruddin mengatakan pihaknya  sudah menyampaikan kepada Wali Kota Palu secara lisan, bahwa dalam masa kepimpinannya perlu membuat surat instruksi terkait dengan keaktifan para ASN untuk mengeluarkan zakat profesi. 
“Alhamdulillah beliau merespon dengan baik, ada sekitar 6000 orang ASN Kota Palu, jika ini mengeluarkan zakat profesinya sebesar dua setengah persen, maka Insya Allah ada miliaran dana yang dikelola oleh Baznas Kota Palu bagi para asnaf,”

Saat membangun komunikasi dengan Wali Kota, Kakankemenag menyebutkan instruksi tersebut akan dikeluarkan dalam waktu dekat
“Insya Allah instruksi ini dikeluarkan januari (2022), maka kita harapkan dinamika di Baznas Kota Palu ini akan semakin cepat dinamikanya, data-data para mustahik, data-data para muzaki diluar ASN, itu sudah harus tercatat didalam administrasi Baznas Kota Palu,” ungkapnya. 

Nasruddin meyakini, jika dana itu dimaksimalkan dalam penyalurannya baik konsumtif maupun produktif, maka akan sangat banyak membantu masyarakat Kota Palu keluar dari garis kemiskinan. 
“Selain itu kita juga bisa membantu anak-anak kita, adik-adik kita yang melakukan program pembelajaran lewat Beasiswa dari Baznas,” tambahnya. 

Kakankemenag Kota Palu itu juga mengapresiasi langkah Basnaz yang mentasarufkan data sesuai dengan hasil verifikasi dan  permohonan yang dilakukan oleh para asnaf.
“ Semakin banyak pelayanan dan penyaluran zakat kepada yang berhak, maka pelan-pelan kepercayaan di masyarakat itu akan tumbuh,”tandasnya.

Dirinya meyakini banyak kalangan saat ini sudah mengeluarkan zakat profesinya, hanya saja belum menyalurkan melalui Baznas Kota Palu. Nasruddin berharap jika hal ini tersosialisakian dengan baik lewat data yang ada kepada Wali Kota dan jajaranya, pasti hasilnya akan maksimal.
“Saya yakin Pak Wali Kota kita akan mendukung, selain ASN  zakat profesi ini juga bisa menembus kalangan pedagang dan pengusaha, Inilah (zakat yang dikeluarkan) yang secara hakikatnya akan menjadi milik kita,” pungkasnya.

Peyaluran zakat yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional itu 
dihadiri oleh sejumlah asnaf, dan diakhir acara dilakukan penyerahan secara simbolis kepada para Asnaf oleh Kakankemenag dan Ketua Baznas Kota Palu. 

(fuad)

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex