- Kontributor
5 September 2018 0:0:0 75

KAKANWIL KEMENAG SULTENG MEMBUKA KEGIATAN WORKSHOP PENYUSUNAN KISI KISI SOAL UN PADA PONPES

Ket:


Palu (Kemenag Sulteng) – Kakanwil Kemenag Sulteng H.Rusman Langke dalam sambutannya memberikan arahan pada acara Workshop Penyusunan Kisi Kisi Soal Ujian Nasional berstandar Nadional pada Ponpes Tahun 2018/2019, pada Selasa (4/9) di Citra Mulia Hotel Palu.

Kakanwil mengatakan agar para kiyai di pondok pesantren perlu bersyukur karena negara memperhatikan pondok pesantren dengan mengeluarkan regulasi yang mengatur dan melindungi pendidikan di pondok pesantren, misalnya UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah No 55 Thn 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Kesepakatan bersama Mendiknas dan Menag RI No I/U/KB/2000 dan No MA/86/2000 tentang Pondok Pesantren Salafiyah sebagai Pola Wajardikdas 9 Tahun, dan masih banyak lagi regulasi dibawahnya.

Semua ini adalah bentuk apresiasi pemerintah bagi peran kiyai dan pesantren di masapergerakan nasional pada masa perjuangan kemerdrkaan dan pada masa pembamginan mengisi kemerdekaan, peran kiyai, santri dan pondok pesantren itu sangat nyata.

Olehnya perhatian itu kita sahuti dengan meningkatkan mutu dan kualitas pondok pesantren yang kita Bina. Baik dari sisi stuktur, infrastruktur, sarana dan prasarana, ponpes, peningkatan SDM dan kompetensi guru/ kiyai dan tenaga kependidikan yang mengelola pondok pesantren, termasuk peningkatan Skill dan agrobisnis di pondok pesantren.

Alhamdulillah tahun ini kita di Sulawesi Tengah dipercayakan oleh Kemenag RI membuat soal

1. Bhs Arab
2. Sejarah Kebudayaan Islam.

Ini berindikasi bahwa mutu Pondok pesantren kita di Sulawesi Tengah di akui secara Nasional, Alhamdulillah pada lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional bagi para KUA dan Penghulu, Utusan Sulawesi Tengah swbagai Juara 1.

Dari sisi keterampilan olahraga utusan dari Pondok pesantren Sulawesi Tengah yg mewakili ditingkat nasional dari cabang olahraga sepak bola, bahkan salah satu peraih medali emas dari cabang dayung itu alumni dari madrasah.

Olehnya 97 jumlah ponpes di sulteng ini hendaknya memacu diri dalam meningkatkan kualitas dan prestasinya dalam menghadapi kompetisi global sekarang ini, baik ponpes Salafi /Tradisional, Ponpes Khalafi, maupun Ponpes Modern.

Mengahiri pengarahanya Rusman Langke mengharapkan seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar menghasilkan output dam outcome yang diharapkan.(akbar)

Category: Berita5 September 2018Leave a comment

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex