- Kontributor
5 Januari 2023 0:0:0 114

UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Kukuhkan 27 Mahasiswa PPG PAI Banggai Laut

Ket: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut Riatman A. Nursin saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan Guru Profesional dalam jabatan bagi Guru PAI


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut Riatman A. Nursin di dampingi Kepala Seksi Pendidikan Islam Ansar, memberikan sambutan pada acara Pengukuhan Guru Profesional PPG dalam jabatan bagi Guru Pendidikan Agama Islam Periode Kelulusan Tahun 2022, Rabu (4/01/23) diruang Pertemuan Kantor Kemenag Banggai Laut.

Pengukuhan tersebut diikuti secara virtual melalui aplikasi zoom yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan selaku penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG) berlangsung dari Hotel Horison Pekalongan.



Sebanyak 27 guru PAI jenjang SD dan SMP yang tersebar diwilayah Kab. Banggai Laut meraih predikat lulus PPG dan dikukuhkan  oleh Rektor UIN K.H Abdurrahman Wahid Prof. Dr. H. Zainal Mustakim, M.Ag.

Kakankemenag Riatman dalam sambutannya menyampaikan bahwa PPG PAI merupakan ikhtiar mencetak guru yang berkualitas dalam memberikan peningkatan signifikan kepada guru PAI untuk menjadi profesional, memiliki kemampuan pedagogik, dan dapat mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu pengetahuan dengan baik.

"Untuk mencetak guru menjadi profesional tentunya hal ini membutuhkan dukungan dari seluruh kalangan terutama Pemerintah Daerah, Dikpora dan UIN K.H Abdurrahman Wahid karena dengan keterlibatan banyak pihak dapat meningkatkan akses dan profesionalitas guru secara lebih luas" ujarnya



Lebih lanjut, Kakankemenag, mengatakan bahwa peran guru agama Islam sangat di butuhkan dalam mengembangkan moral keagamaan siswa yang saat ini hampir terlupakan karna perkembangan zaman. Dalam dunia pendidikan formal, guru sangat memegang peranan penting dalam mencerdaskan anak bangsa.

"Selaku Kepala Kantor Kementerian Kabupaten Banggai Laut dan pribadi, saya ucapkan selamat kepada Guru PAI yang telah dikukuhkan, semoga ilmu yang didapat menjadi berkah dalam memajukan pendidikan agama Islam di Indonesia khususnya di Wilayah Kabupaten Banggai Laut" ungkapnya



Diakhir sambutan, Kakankemenag mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Banggai Laut dan UIN K.H. Abdurrahman Wahid yang telah bekerjasama dalam memberikan dukungan terhadap peningkatan keprofesian guru Pendidikan Agama Islam untuk menjadi guru profesional.

"Semoga kerjasama ini terus terjalin dengan baik dan nantinya akan melahirkan guru-guru yang memiliki Keprofesian dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam" pungkasnya

Diketahui, bahwa sebanyak 37 guru PAI jenjang SD dan SMP Kabupaten Banggai Laut yang lulus pree test dan menjadi mahasiswa PPG di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dari tanggal 12 Juli s.d 12 November 2022 dengan perkuliahan diikuti secara daring,  sebanyak 27 guru meraih predikat lulus PPG, sementara 10 orang guru lainnya akan mengikuti ujian susulan. (MH)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex