- Kontributor
24 Oktober 2023 0:0:0 476

Peran Santri Sangat Penting Memelihara dan Mewariskan Nilai-Nilai Agama

Ket:


Morowali Utara (Kemenag Sulteng) - Kementerian Agama(Kemenag) Kabupaten Morowali Utara melaksanakan Apel Santri di MTSN Morowali Utara, Ahad 22 Oktober 2023.

Kakan Kemenag Morowali Utara menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tema peringatan Hari Santri tahun 2023 ini adalah "Jihad Santri, Jayakan Negeri". Tema ini dipilih untuk merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan.

Ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional tidak lepas dari peran santri dalam memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia.Tanggal 22 Oktober bertepatan dengan resolusi jihad yang dikeluarkan oleh Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari seorang ulama sekaligus pahlawan nasional. Resolusi jihad merupakan fatwa yang berisi kewajiban berjihad untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dengan melawan penjajah yang masih berada di Indonesia.

Kepala Kemenag Dr. H.Abd. Mun’im M.H.I,  selaku pembina apel mengatakan Hari Santri adalah moment penting yang menyoroti peran santri dalam memelihara dan mewariskan nilai-nilai agama, kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Dengan semangat yang tulus para santri dapat menjadi penjaga tradisi sekaligus pembangun Indonesia Modern. Tidak hanya menuntut ilmu agama saja, tetapi santri juga menata akhlak dan kreativitas untuk kelak terjun langsung ke tengah masyarakat, berbaur dengan masyarakat dan masuk kedalam organisasi-organisasi yang ada di masyarakat. 

Santri sebenarnya ialah cikal bakal nilai-nilai kebangsaan, baik itu lintas agama, lintas budaya maupun lintas suku. Peran santri yang utama adalah mmpertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan menjaga dan mengawal NKRI sebagai warisan leluhur para ulama'. Dalam jiwa santri tentu tertanam panca-jiwa, panca-jangka, panca-bina dan panca-dharma. Semua itu dituangkan dalam semangat mengisi kemerdekaan bangsa sehingga menumbuhkan rasa semangat dalam belajar, rasa bangga dan cinta tanah air. Ada empat ruh santri yang dapat menjadi potensi negara untuk memajukan bangsa ini. 

Pada kesempatan tersebut, Kakan Kemenag Morowali Utara mengucapkan terima kasih kepada semua pimpinan pondok pesantren, Kepala madrasah, guru yang telah mencerdaskan anak bangsa dengan baik dan penuh tanggung jawab. Semoga semua jasa dan pengorbanan tersebut dicatat sebagai amal soleh di hadapan Allah SWT. Aamin ya Rabbal Alamin.

Pelaksanaan Apel Santri selain di MTSN Morowali Utara  juga dilaksanakan di MIN Morowali Utara, Ponpes Mutaqqin Mamosalato dan Ponpes KH.Hasyim Asy’ari.

 

 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex