man2kotapalu Nihayati Rugaiyah Kontributor
2 Agustus 2024 13:18:0 126

Moh. Syafiq, Siswa MAN 2 Kota Palu Melaju Menuju Grand Final Kompetisi Pidato Moderasi Beragama Tingkat Nasional

Ket: Siswa MAN 2 Kota Palu, Moh. Syafiq Lolos menuju Grand Final Kompetisi Pidato Nasional Moderasi Beragama Kemenag RI yang akan diselenggarakan di Bali pada 9-11 Agustus yang akan datang


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu, Mohammad Syafiq lolos dalam babak eliminasi dan terpilih dalam kategori 34 peserta terbaik yang akan tampil dalam ajang Grand Final Kompetisi Pidato Moderasi Beragama Tingkat Nasional yang akan digelar di Bali dalam seminggu mendatang. Terpilihnya Moh. Syafiq sebagai salah satu peserta Grand Finalis dimuat dalam Surat Pengumuman Penetapan 34 Finalis Terbaik yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat KSKK Madrasah Nomor B-840/DJ.I/Dt.I.I/HM.00/07/2024 tanggal 30/07/2024.

Kompetisi Pidato Moderasi Beragama (KPN) Tingkat Nasional di gelar oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI. Dilansir dari situs resmi Kemenag RI, pelaksanaan kompetisi ini bertujuan untuk menanamkan rasa persatuan dan penghormatan terhadap keragaman yang telah lahir di negeri Indonesia. Secara khusus Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Abu Rokhmad  menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas pelaksanaan KPN 2024 sebagai wahana baru untuk mempromosikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dan moderasi beragama di kalangan generasi muda Indonesia (kemenag.go.id,2024).

Moh. Syafiq yang saat ini duduk di kelas XII MAN 2 Kota Palu menjadi satu-satunya perwakilan dari Provinsi Sulawesi Tengah dan telah menjalani 2 dari 3 tahapan yang harus dilalui dalam kompetisi bergengsi ini. Pada babak penyisihan, Syafiq, demikian panggilan akrabnya harus bertarung dengan 1.235 peserta dalam kategori usia Gen Z dari beragam instansi pendidikan setara Sekolah Menengah Atas.

Pada babak eliminasi, panitia hanya memilih 100 peserta berdasarkan penilaian penampilan serta konten pidato terbaik. Berbeda dari babak penyisihan dengan penilaian berbasis video, pada tahap ini Syafiq yang lolos di urutan 16 dari 100 peserta diharuskan menampilkan pidato melalui zoom yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juli silam bersama peserta lainnya.

Berdasarkan penampilannya, Syafiq kemudian terpilih dalam kategori 34 peserta yang akan tampil dalam babak Grand Final yang akan dilaksanakan di Bali pada 9 hingga 11 Agustus yang akan datang.

Capaian hasil Syafiq dari persiapan hingga ke tahap ini, tidak lepas dari upaya tidak kenal lelah para pendamping, yaitu sang pembina Moh. Rifaldi serta pelatih, Nur’ain AlMahdali yang terus melakukan pendampingan serta mengasah kompetensinya secara intensif.

Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi menyampaikan rasa syukur serta memberikan apresiasi atas capaian peserta didiknya tersebut. Dirinya juga memberikan dukungan serta motivasi baik bagi Syafiq sebagai peserta maupun para pendamping. Dirinya juga berharap Syafiq dapat hadir sebagai representasi sosok muda panutan, menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan, toleransi, dan persatuan serta mampu menciptakan kerukunan beragama dalam bingkai kehidupan sosial yang harmonis.

“Semoga dalam Grand Final yang akan di helat nanti, kami semua berharap, Syafiq mampu menampilkan performa terbaiknya dan berhasil meraih prestasi sebagai peserta terbaik di tingkat nasional,” demikian harap Syamsu.

 

(nee.r)

Editor: -
Fotografer: man2kotapalu Nihayati Rugaiyah
Tags: Prestasi
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex