- Kontributor
8 Februari 2023 0:0:0 132

Pembinaan ASN , Implementasi SKP dan Penguatan Aplikasi Pusaka Di MTsN 1 Tolitoli

Ket:


Tolitoli (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Moh.Taslim membuka sekaligus memberikan arahan pada kegiatan Pembinaan ASN Implementasi SKP dan Penguatan Aplikasi Pusaka dilingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tolitoli, Selasa (7/2/23).

Kakankemenag Taslim dalam arahannya mengatakan melalui pembinaan ini diharapkan para ASN yang ada di Madrasah maupun KUA dapat melaksanakan tugas dengan penuh semangat, bertanggungjawab  dan disiplin.

Terkait dengan sosialisasi SKP  dan aplikasi Pusaka, Kakankemenag mengatakan bahwa ini sangat penting bagi seluruh ASN, dimana SKP ini setiap tahun ini ada perubahan-perubahan, sedangkan  untuk aplikasi pusaka diwajibkan seluruh ASN Kementerian Agama untuk melakukan presensi secara online dan ini merupakan acuan dalam pembayaran tukin, uang makan dan sertifikasi. olehnya itu Taslim berharap agar seluruh ASN yang ada dimadrasah dan KUA dapat mengikuti sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya.

Ditambahkan Taslim, kegiatan ini tidak terlepas dari apa yang menjadi arahan serta penekanan menteri agama pada saat zoom meeting pada acara Rapat Kerja Nasional Kementerian Agama Tahun 2023.  Dimana dikatakan menteri agama bahwa ASN di Kementerian Agama tidak boleh diam, regulasi atau perubahan yang ada kita harus cekatan melihat terkait perubahan yang ada, ungkap Taslim mengutip pesan Menag.

Lanjut dikatakan Taslim adapun yang menjadi penekan dalam program prioritas Menteri Agama RI dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tersebut yaitu :

1.      Peningkatan Profesionalisme ASN.

Menag mengatakan hasil survei indeks profesionalismen ASN Kemenag menunjukkan ada 41,34 % ASN yang masih butuh pembinaan. Untuk ASN yang pada temuan indeks ini dinyatakan masih butuh pembinaan, ini harus disegerakan pembinaannya supaya layanan kita semakin maksimal.

2.      Komitmen Anti Korupsi

Menag meminta ASN Kemenag untuk tetap berkomitmen menghilangkan praktik korupsi dilingkungan Kementerian Agama. Jangan ada Fraud dalam pengadaan barang dan jasa. Pimpinan satker agar membuat surat edaran larangan praktik koruptif dilingkungan kerja maupun lembaga pendidikan kementerian Agama, seperti tidak menerima atau memberi gratifikasi.

3.      Respon Cepat Penanganan Isu di Masyarakat

Menurut Menag, ASN Kemenag perlu respon cepat, jelas dan detail atas isu atau masalah keagamaan yang berkembang dimasyarakat. Ini saya rasa perlu dilakukan sebagai edukasi kepada publi, karena publik memang harus tahu penjelasan dari setiap kebijakan yang kita ambil. Jangan ditunggu sampai ada masalah besar baru kita cari solusi-solusi pemecahan masalahnya.

4.      Realisasi anggaran program prioritas yang akuntabel

Untuk mempercepat pelaksanaan program prioritas, Menag mengharuskan seluruh jajaran kemenag sudah menyelesaikan 70% anggaran pada bulan ketujuh Tahun 2023 dengan cara yang cermat, akurat, akuntabel dan selalu memperhatikan prinsip kehati-hatian.

5.      Tercapainya 10 juta sertifikasi halal.

Hal kelima yang Menjadi mandatori Menag adalah percepatan 10 Juta sertifikasi halal yang mana ditahun 2024  harus tercapai 10 juta sertifikasi halal.   

6.      Tahun 2023 sebagai tahun kerukunan umat beragama

Menag mencanagkan Tahun 2023 sebagai Tahun Kerukunan Umat Beragama. Menjelang tahun politik menag khawatir banyak terjadi hal-hal yang mengganggu keharmonisan umat beragama. Jadi kita canangkan tahun 2023 sebagai tahun kerukunan umat beragama, ucap Menag.

Terkait dengan program prioritas Menteri Agama tersebut, Kakankemenag mengajak kepada Kepala Madrasah serta ASN dilingkungan induk KKM MTsN 1 Tolitoli untuk dapat melaksanakan serta mengimplementasikan arahan menteri agama tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula MTsN 1 Tolitoli dihadiri Kasi Pendidikan madrasah, Kepala Madrasah MTsN 1 Tolitoli, Kaur TU, Kepala KUA Kecamatan Dondo dan pelaksana, anggota KKM induk MTsN 1 Tolitoli, pelaksana kepegawaian Kantor Kemenag Tolitoli serta dewan guru dan pelaksana MTsN 1 Tolitoli.

 

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex