- Kontributor
8 Agustus 2020 0:0:0 672

Seleksi Calon Pengawas PAI Zona II digelar di MAN 1 Poso

Ket: Kabag TU Kanwil Kemenag Sulteng, DR. Kiflin Padjala, M.Pd.I , saat memberikan sambutan pada kegiatan Seleksi Calon Jabatan Fungsional Pengawas PAI Tahun 2020 di Ruang LAB IPA MAN 1 Poso, Sabtu (08/08/2020).


Poso (Kemenag Sulteng) – Kegiatan Seleksi Calon Jabatan Fungsional Pengawas PAI Angkatan Kedua, Zona II Poso dan Tojo Una-una, digelar Hari Sabtu, 8 Agustus 2020, di Ruang Laboratorium IPA MAN 1 Poso.

Seleksi Calon Jabatan Fungsional Pengawas PAI ini diikuti guru PAI pada sekolah dan madrasah yang telah tersertifikasi. Peserta berjumlah 9 (sembilan) orang, dari Kabupaten Poso delapan orang dan Tojo Una-una satu orang.

Ketua Panitia, Azhar, mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengatasi permasalahan kurangnya pengawas PAI di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Hal ini disebabkan adanya beberapa pengawas PAI yang meninggal dunia dan memasuki purna bakti sebagai ASN serta menindaklanjuti Keputusan PERMENPAN RB No. 21 Tahun 2010, ungkap Azhar yang juga Kepala Seksi Pendidikan Islam, Kemenag Kab. Poso. 

Kegiatan ini dibuka Kepala Bagian Tata Usaha, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Kiflin, didampingi Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Gasim Yamani.

“Menjadi pengawas tidaklah mudah, karena pengawas adalah gurunya para guru atau pendidik para guru,” kata Kiflin dalam sambutannya. Salah satu tugas pokok pengawas adalah melakukan supervisi baik klinis maupun akademik, terangnya.

Setelah mengikuti seleksi tidak serta merta dinyatakan lulus langsung menjadi pengawas, akan tetapi masih ada tahapan-tahapan yang harus diikuti, seperti mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Manado maupun di Badan Litbang Pusat Jakarta, jelas Kiflin. 

Kiflin juga mengajak kepada semua calon pengawas untuk bersama-sama membantu Kementerian Agama dengan cara melayani masyarakat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dia juga berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan berkelanjutan.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan baik dan kita semua menjadi orang sukses sebagai ujung tombak dalam melayani umat, baik dalam bidang keagamaan maupun pendidikan,” pungkasnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, para kepala seksi pada bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Tojo Una-una, dan Kepala MAN 1 Poso.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol Covid-19 di masa adaptasi kebiasaan baru. (Zhaq)

Editor: Lilis

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex