- Kontributor
20 November 2022 0:0:0 933

Duta Pancasila MAN 2 Kota Palu Turut Semarakkan Pencanangan Kampung Pancasila di Besusu Timur

Ket: Siswa MAN 2 Kota Palu yang tergabung bersama santri IBSDM MAN 2 Kota Palu turut berpartisipasi dalam pencanangan Kelurahan Besusu Timur sebagai Kampung Pancasila pada Kamis, 17/11/2022


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Pencanangan Kampung Pancasila merupakan salah satu program yang digagas TNI-AD di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Kota Palu, Kelurahan Besusu Timur resmi ditetapkan sebagai Kampung Pancasila pada Kamis, (17/11/22).  

Duta Pancasila Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu turut menyemarakkan kegiatan pencanangan tersebut yang dilaksanakan di lokasi Kampung Pancasila jalan Sisingamangaraja, Kota Palu.   

Dandim 1306/Kota Palu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Mayor Inf. Hanafi menyampaikan bahwa keberadaan Kampung Pancasila bertujuan untuk meningkatkan solidaritas dan persatuan dalam masyarakat yang multikultural saat ini. Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjaga dan merawat perbedaan yang ada, demi menciptakan masyarakat yang  rukun, santun, dan harmonis dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

"Saya berharap masyarakat di Besusu Timur dapat menjadi miniatur bangsa Indonesia saat ini dan dapat menjadi contoh bagi kelurahan lainnya yang ada di Kota Palu," ujarnya. 

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat diantaranya, Pasiter Koramil 1306-16/PS, Camat Palu Timur, Kapolsek Palu Timur serta beberapa tokoh masyarakat dan para tokoh perempuan. Lurah Besusu Timur, Fadli Sabola menyatakan dengan terpilihnya Besusu Timur sebagai Kampung Pancasila, dirinya berharap keberadaan Kampung Pancasila dapat menyatukan semua elemen masyarakat khususnya bagi masyarakat Besusu Timur yang memiliki keanekaragaman mulai dari budaya hingga agama.

Kegiatan pencanangan Kampung Pancasila ini diisi dengan berbagai hiburan diantaranya tari kreasi Pelajar Pancasila dan musik hadrasah yang dipersembahkan oleh siswa MAN 2 Kota Palu yang tergabung dari siswa reguler dan santri Islamic Boarding School Ma'had Daarul Muhsin MAN 2 Kota Palu.

Pembina PASKIBRA MAN 2 Kota Palu Muhammad Rendy Saputra, yang turut hadir mendampingi para siswa menyampaikan rasa gembiranya atas keterlibatan mereka dalam kegiatan tersebut. Rendy, demikian sapaan akrabnya menyampaikan bahwa dalam menyikapi perwujudan akan aktualisasi nilai-nilai Pancasila, MAN 2 Kota Palu telah selangkah lebih maju.

Dari seluruh institusi pendidikan yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah, MAN 2 Kota Palu merupakan satu-satunya sekolah/madrasah yang telah memiliki Duta Pancasila. Jihan Asyifah, siswi yang saat ini duduk di kelas XI terpilih sebagai Duta Pancasila dalam kegiatan Pemilihan Duta Pancasila yang diselenggarakan oleh PASKIBRA MAN 2 Kota Palu dalam memperingati Hari Lahir Pancasila pada bulan Juni silam.   

 

Diwawancarai secara terpisah, Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi menyambut kegiatan pencanangan Kelurahan Besusu Timur sebagai Kampung Pancasila ini dengan sangat antusias. Dirinya menyatakan siap untuk berkolaborasi dan mendukung setiap program yang digagas oleh pemerintah daerah, aparat dan pihak lain yang berwenang.

Sebagai komitmen untuk mewujudkan hal tersebut, Syamsu menegaskan MAN 2 Kota Palu akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta pemahaman yang lebih luas serta mendalam terhadap wawasan kebangsaan agar terpatri dalam kepribadian setiap warga madrasah, tegas Syamsu.

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex