- Kontributor
20 Oktober 2022 0:0:0 139

DWP Bersama ASN Kemenag Kota Palu, Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Ket: Kakankemenag Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, M.Ag. saat memberikan sambutan pada acara Maulid di Aula Asrama Haji Palu


Palu (Kemenag Sulteng) – DWP Bersama ASN Kemenag Kota Palu, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah, dengan mengusung tema Meneladani Akhlak Rasulullah SAW Dengan Kerja Ikhlas, Cerdas, Profesional Dan Berintegritas, bertempat di Aula Asrama Haji Transit Palu, Kamis (20/10/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Kemenag Sulteng yang diwakili oleh Kabid Penmad, Dr. Kiflin, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sulteng, Kasi dan Penyelenggara Kemenag Kota Palu, Pokjawas, Pokjaluh, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Kaur TU Madrasah, perwakilan dari GTK Madrasah, DWP dan ASN Kemenag Kota Palu.

Ketua panitia pelaksana, Nurbaya dalam laporannya, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara Maulid ini sehingga berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, dalam sambutannya, mengajak semua pihak untuk meneladani akhlak Rasulullah SAW dan ASN untuk bekerja dengan ikhlas. “Bekerja sekuat tenaga memang baik, tetapi bekerja dengan ikhlas akan memberi nilai tersendiri. Ikhlas akan memberi nuansa beda hasil dari pada hanya sekedar mencapai target.” ungkap Nasruddin.

Menurutnya, kerja yang tidak ikhlas akan membuat seseorang bekerja dengan sekehendak hati. Pekerjaan selesai tetapi dengan terpaksa. Sementara orang yang bekerja dengan ikhlas akan membuat suasana hati gembira dan hasil lebih baik, sepanjang bekerja dilakukan dengan senyum ceria dan pikiran yang positif.

“Bekerja ihklas membutuhkan kelapangan jiwa, berhasil atau tidak, akan diterima sebagai bentuk upaya menyelesaikan pekerjaan. Fokus kepada ASN, mengupayakan kerja sebagai bentuk amanah yang tidak boleh diabaikan” ujarnya.

Selain itu kakankemenag menyebut, kompetensi kerja yang kompetitif, bekerja ikhlas mempunyai tantangan yang berat. Tidak mudah menerima kenyataan yang mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi. “Bekerja ikhlas merupakan investasi yang harus dibayar mahal. Allah pasti membalas bagi mereka yang bekerja dengan ikhlas.” terang Nasruddin.

Kakanwil Kemenag Sulteng yang diwakili oleh Kabid Penmad, Kiflin, menekankan pada sebuah sikap integritas yang harus tertanam dalam diri ASN sebagai tindakan, perilaku, atau sikap yang perlu dimiliki seseorang dalam kehidupan, dan kejujuran yang menjadi prinsip dan selalu dipegang teguh sebagai ASN.

“Pada dasarnya integritas memang perlu dimiliki oleh setiap orang sebagai bentuk tanggung jawab, baik untuk tugas, pekerjaan, atau aktivitas sehari-harinya” ungkap Kakanwil dalam sambutannya.

Selain itu kata Beliau, nilai budaya kerja Integritas menjadi lebih kuat ketika ASN konsisten antara apa yang dikatakan dan apa yang diperbuat. Tanpa integritas, pasti akan kehilangan kepercayaan karena orang lain menjauhi kita untuk menghindari kekecewaan. Integritas merupakan praktik bersikap jujur ??dan menunjukkan kepatuhan yang konsisten terhadap prinsip, nilai moral, dan etika yang kuat.

Sementara itu pembawa hikmah maulid pada kesempatan tersebut, Dosen UIN Datokarama Palu, Dr. H. Gasim Yamani. Dalam ceramahnya beliau menaruh harapan agar dapat mencontoh tauladan dari kehidupan Rasullullah terutama dari segi akhlaknya. Ia juga menharapkan kepada ASN, agar mereka dapat bekerja dengan cerdas, efektif dan efisien.

Menurutnya, Orang cerdas dapat menjadi pemimpin di masa depan. “Hal ini dikarenakan orang cerdas merupakan individu yang selalu memikirkan segala konsekuensi yang akan hadir sebelum mereka bertindak. Sehingga, mereka akan bertindak secara bijaksana. karakter seperti ini, sangat perlu dimiliki para ASN masa depan.” ucap Gasim Yamani. 

Selain itu, Ia mengungkapkan ketika memiliki IQ yang tinggi atau rendah, apakah orang cerdas atau biasa-biasa saja, setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. “Akan tetapi, setidaknya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki orang cerdas, dapat menjadi bahan refleksi bagi kita semua tentang bagaimana harus bersikap dan bertindak yang benar dengan mengintegrasikan antara ilmu dan amal kebaikan,” tandasnya.

Penulis Kasman

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex