KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
15 Mei 2023 0:0:0 194

Kemenag Sigi Menggelar Bimbingan Manasik Haji

Ket: Kakankemenag Sigi Lutfi saat membuka kegiatan bimbingan manasik haji


Sigi(Kemenag Sulteng), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sigi menggelar bimbingan manasik haji bagi Jemaah Haji Tingkat Kabupaten Tahun 1444 Hijriyah/2023 Masehi di Aula PLHUT Kantor Kemenag Kab Sigi , Ahad (14/5/2023)

Kepala Kantor Kemenag Kab Sigi  H.Lutfi Yunus S.Pi,M.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan manasik adalah untuk menambah wawasan jemaah dalam pelaksanaan ibadah. Karena dalam manasik jemaah diberi pemahaman manajemen maupun fikih haji. Bahasan Materi seputar perjalanan pemberangkatan dari tanah air, perjalanan melalui udara hingga pelaksanaan ibadah di Arab Saudi.

Dalam kesempatan tersebut, Lutfi juga menjelaskan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang perlu dipatuhi antara lain tentang keimigrasian bahwa dibandara kedatangan King Abdul Azis Jeddah maupun AMMA Madinah petugas imigrasi AS akan melakukan pemeriksaan paspor dan visa jemaah satu persatu, disesuaikan dengan data bio visa yang telah terekam lebih awal sejak di kabupaten masing masing.

Sedangkan hal hal berkenaan dengan fiqhi hajipun akan dijelaskan seluruhnya dalam manasik tersebut seperti Shalat dalam pesawat, cara Menjama' Atau qasar memendekakan rakaat shalat dalam penggabungan satu waktu shalat, bagaimana cara tayamun bahkan penjelasan tentang rukun haji miqad untuk ihram disertai niat, tawaf, sa'i, wukuf diarafah, mabid dimusdalifah dan mina untuk lontar tiga jumrah (Aqabbah, tgl 10 dzulhijjah) kemudian (Ula , Wustha dan Aqabbah di hari tasyriq tgl 11,12 dan 13 dzulhijjah) sampai pada thawaf Ifadah dan mencukur rambut .

"Agar jemaah dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dan umrah dengan lancar maka yang terpenting adalah menjaga kesehatan" tandasnya. 

Manasik Kabupaten yang dijadwalkan dua kali tgl 14 dan 15 Mei 2023 diikuti oleh 113 jemaah sekaligus mengundang narasumber Kepala Bidang Haji dan Umroh Drs. H. Muchlis Asseng, M. Pd, pelakasana tekhnis Haji dan Umroh H. Arifin, SE. MM serta Kepala Dinas Kesehatan Sigi.

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex