- Kontributor
8 November 2023 0:0:0 82

MTsN 2 Banggai Laut Gelar Shalat Istisqa

Ket:


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Banggai Laut Laksanakan Shalat Istisqa bertempat di Halaman Madrasah. Selasa (07-11-2023)

Shalat istisqa adalah shalat yang dilaksanakan ketika suatu daerah atau negeri dilanda kemarau panjang, dan hal ini sudah melanda diwilayah indonesia khususnya daerah banggai laut sudah sangat berkurang persediaan air bersih sehingga sebagian warga yang berada di wilayah banggai laut sangat merasakan dampak akibat dari terjadinya kemarau yang sudah beberapa bulan terakhir ini.

"Shalat ini dilaksanakan dengan tujuan agar bumi yang sudah begitu gersang dapat menghijau kembali dengan turunnya hujan. Hal ini pula sebagai bentuk tindak lanjut surat edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Tengah dengan Nomor A /23/DP-P/XXIII/X/2023 dan surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah untuk menggelar shalat istisqa pada hari waktu yang sama yang merupakan salah satu bentuk kepedulian antar sesama dan suatu kebutuhan setiap hamba atau makhluk Allah yang ada di alam jagat ini. Jelas Anwar Selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banggai Laut.

Bertindak sebagai imam Usman Walude dan khatib yakni ustadz Nasrin S. Lasinta, S.Ag selaku bidang keagamaan yang dalam khutbahnya menyampaikan seruan serta ajakan khusus kepada warga Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banggai Laut untuk lebih memperbanyak membaca istigfar permohonan ampun kepada Allah SWT. dan bertaubat atas segala perbuatan yang dapat mendatangkan bala bencana, ungkapnya.

"Dengan Istiqhfar dan taubat serta cinta kita terhadap alam sekitar dapat mendatangkan rahmat Allah juga sebagai salah satu washilah akan keberkahan turunnya air hujan". Jelasnya

Lanjut Nasrin Kemarau yang melanda saat ini tidak lepas dari sebab akibat kita semua yang telah menjalani kehidupan diluar koridor agama itu sendiri, untuk itu marilah kita merenung kembali atas apa yang telah kita perbuat dan bergegaslah untuk kembali dijalan yang sesuai dengan tuntunan agama.

"Mari kita sama-sama bergandengan tangan untuk lebih memperhatikan serta peduli pada alam sekitar kita masing-masing dengan begitu mudah-mudahan dapat mendatangkan rahmat Allah berupa menurunkan hujan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama dan semoga do'a-do'a yang kita panjatkan dapat diijabah oleh Allah SWT" tutupnya.

Shalat istisqa dilaksanakan pukul 06.50 secara berjamaah oleh seluruh Pendidik Kependidikan dan peserta didik MTs Negeri 2 Banggai Laut. (UM Walude)

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex