- Kontributor
30 September 2023 0:0:0 117

Gema Shalawat, MTsN 2 Banggai Laut Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Ket: Foto Kepala Madrasah, Pembina Keagamaan dan Guru MTsN 2 Banggai Laut


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banggai Laut menggemakan shalawat dalam memperingati maulid Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam bertempat di ruangan perpustakan, Jumat (29-09-2023)

Setiap tanggal 12 Rabiul Awal Hijriyah umat Islam memperingati hari Maulid Nabi atau lahirnya Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam. Rasulullah lahir di Makkah pada Senin, 12 Rabiul Awal pada Tahun Gajah (570 M).

Hal ini bertujuan untuk meneguhkan kembali kecintaan kepada Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam serta melestarikan ajaran dan misi perjuangan Beliau dan Nabi sebelumnya.

Olehnya, bagi umat Islam makna dari Maulid Nabi adalah untuk lebih banyak mengisi hari kita dengan belajar tentang Rasulullah, serta berupaya untuk memperbaiki diri dengan mempelajari sifat positif dari ajaran-ajarannya.

Maulid Nabi artinya merayakan dengan penuh kegembiraan atas kehadirannya sosok yang sangat mulia dan sempurna yakni Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam. Selain itu peringatan maulid Nabi ini artinya merayakan kehadiran sosok suri teladan bagi umat islam.

"Berapa banyak dari kita yang sealu mengakui dirinya sebagai ummat Nabi Muhammad SAW namun sifat yang melekat pada diri kita jauh berbeda dari sifatnya serta jauh dari sunnah-sunnah Rasulullah". Jelas Nasrin S. Lasinta selaku pembina keagamaan MTsN 2 Banggai Laut.

"Mari kita sama-sama meniti kedalam diri pribadi kita masing-masing sudah pantaskah kita mengakui sebagai ummatnya? Bukankah kita selama ini hanya selalu disibukkan dengan perkara yang menjauhkan kita dari apa yang telah di ajarkan Rasulullah". Ajak Nasrin

Nasrin juga menuturkan, melalui moment Maulid Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam ini, kita jadikan sebagai upaya untuk mengenal lebih dekat sosok keteladanan, kedisiplinan, perjuangan, semangat pantang menyerah serta kepribadian yang sempurna pada diri Rasulullah.

"Barang siapa yang mengenal lebih dekat sosok yang mulia ini serta menjalani kehidupan sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam Shiddiq, Tablik Amanah dan Fathonah maka yakinlah kita akan digolongkan sebagai Ummatnya yang dicintai dan mencintai serta akan mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir nanti". Harapnya

"Anak-anakku sekalian jadikan pula moment ini untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah dan Rasulnya dengan selalu menjaga shalat dan memperbaiki shalat yang mungkin selama ini jauh dari kata sempurna agar nantinya Allah SWT akan perbaiki hidup kalian dari yang tertutup pikirannya menjadi cerdas dalam berpikir". Tutupnya (UM/Walude)

Editor: Muhadjir
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex