- Kontributor
31 Mei 2021 0:0:0 551

Bimtek Peningkatan Mutu Layanan KUA Kemenag Morowali

Ket:


Morowali (Kemenag Sulteng) - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat, Kantor Kementerian Agama Morowali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Mutu Layanan Kantor Urusan Agama (KUA), di Aula Kemenag Morowali (31/5).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Morowali, Ahmad Hasni, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kepala Seksi Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Prov. Sulteng, H. Akbar Sidik dan Kasi Urais dan Bimbingan Syariah Kanwil Kemenag Prov. Sulteng) Taufik Abdul Azis,  telah berkenan berkunjung di Morowali, dalam rangka memberikan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA di Kabupaten Morowali di sela-sela jadwal dan kesibukan yang padat.

"Kedepan semoga seluruh KUA Morowali semakin maju dan disiplin dengan penerapan Sistem Informasi Kepenghuluan (SIK). Selanjutnya kepada kepala KUA dan Penghulu untuk serius dan memperhatikan secara maksimal dalam penyampaian Bimtek ini" Pesan Hasni.

Sementara itu, Kepala Seksi Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Prov. Sulteng Akbar dalam pemaparan meterinya menyampaikan tentang Revitalisasi KUA yang berarti menyegarkan kembali pelayanan atau dalam arti umum memaksimalkan layanan-layanan yang ada di KUA salah satunya adalah Pemanfaatan teknologi informasi. Jadi kedepan pelayanan seluruh penghulu tidak lagi manual tetapi berbasis IT.

Dengan kegiatan Bimtek ini, Akbar berharap kedepan, KUA dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih dioptimalkan, apalagi disaat pandemic ini masyarakat sangat membutuhkan pencerahan dan sosialisasi, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Urais dan Bimbingan Syariah Kanwil Kemenag Prov. Sulteng, Taufik Abdul Aziz, mengatakan Kantor Urusan Agama (KUA) adalah unit pelaksana teknis Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama tingkat kecamatan yang diberi tugas untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam urusan nikah, rujuk dan pelayanan lainya seperti pelayanan kemasjidan, wakaf dan zakat termasuk juga pembinaan manasik haji sudah termasuk tugas dan fungsi KUA. "Minimnya ASN di KUA Kecamatan di tambah lagi beban tugas yang sangat berat maka perlu adanya koordinasi dan kerjasama yang baik dalam melaksanakan tugasnya .” ungkapnya.

Lanjut Taufik, sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan di KUA, sebentar akan dibimbing cara menginput data di SIK (Sistem Informasi Kepenghuluan) agar masing-masing KUA dapat menginput sendiri.

Dalam penginputan data ini sangat dibutuhkan keseriusan dan ketelitian karena banyak item atau bagian-bagian yang harus diisi oleh operator. Operator tersebut sangat dituntut mampu menguasai ilmu teknologi (IT). ujar Taufik.

Seusai Bimtek, kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Morowali, Muhtadi mengucap syukur karena tim dari Kanwil Kemenag Prov. Sulteng telah mengajarkan secara mendetail. “Alhamdulillah, dengan adanya Bimtek tersebut KUA Kemenag Morowali dapat menginput data sesuai dengan cara yang disosialisasikan,” pungkasnya. (NW)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex