- Kontributor
28 Februari 2019 0:0:0 525

Kemenag Serahkan Naskah Soal USBN ke Daerah, Kakanwil : Jaga Kerahasiaan Jangan Sampai Bocor

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng menyerahkan dokumen naskah soal USBN.( foto : Ahsan )


PALU(KEMENAG SULTENG),- Kakanwil Kemenag Sulteng Rusman Langke, menyerahkan dokumen naskah soal  pendidikan agama islam, Kristen dan katolik untuk pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) kepada perwakilan kemenag kab/kota bertempat di Aula Kemenag Sulteng, kamis(28/2).

Sebelum penyerahan naskah soal ujian, diawali dengan penandatanganan pakta integritas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Sulteng, Kabid Pakis, Kabid Kristen, Pembimas Katolik serta beberapa pejabat eselon IV kemenag sulteng.

Dihadapan para undangan, kakanwil kemenag sulteng Rusman Langke menyampaikan bahwa penyusunan naskah soal USBN, telah kita lakukan dengan proses perencanaan yang matang. Olehnya itu, saya harapkan kepada kita semua untuk menjaga kerahasiaannya, jangan sampai bocor. Karena ini adalah rahasia negara, tegasnya.

“ Tolong, amanah dan kepercayaan ini dilaksanakan dengan sebaik baiknya, dikawal dengan seketat ketatnya. sehingga amanah dan kepercayaan negara yang ditugaskan kepada kita sebagai penanggungjawab ditingkat kanwil dan kab/kota agar dilaksanakan dengan sebaik baiknya “.

Sementara itu Kabid Pakis Gasim Yamani dalam laporannya menyampaikan, penyusunan soal USBN khusus untuk agama islam,  disusun oleh guru guru pendidikan agama islam yang tergabung dalam KKG dan MGMP. Penyususnan naskah soal USBN, untuk agama islam didahului dengan workshop penyusunan naskah soal selama 3 hari melalui workshop penyusunan soal SD, SMP, SMA/SMK.

Kata Gasim Yamani bahwa penyerahan naskah soal pendidikan agama islam, kristen, katolik, hindu dan budha khusus untuk tingkat SMA/SMK, itu sudah diserahterimakan beberapa hari di Dinas Pendidikan. “ khusus untuk naskah soal USBN PAI  semua agama tingkat SMA/SMK telah diserah terimakan dengan Dinas Pendidikan Propinsi “.

" Hari ini masih tersisa naskah soal agama yang meliputi naskah soal ujian agama islam, Kristen, Katolik untuk tingkat SD, SMP yang akan diserahkan " ungkap Gasim Yamani.

Kemudian untuk Agama Hindu dan Budha itu telah diserahterimakan. karena tehnik penyusunannya melibatkan Dinas Pendidikan sehingga dari awal telah melakukan serah terima .  ia juga menyampaikan tujuan dari kegiatan penyusunan naskah soal USBN ini adalah untuk meningktkan kualitas pemahaman  peserta didik terhadap agamanya masing masing dan meningkatkan kualitas pengamalan agamanya masing masing.  ( San ) 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex