- Kontributor
23 Juni 2022 0:0:0 117

Kakankemenag Donggala Beri Arahan Kegiatan Doa Dan Dzikir Pelepasan Haji Donggala

Ket: Kepala Kantor Kemenag Donggala, H. Rusdin, memberikan arahan pada kegiatan Doa dan Zikir pelepasan Jemaah Haji Donggala


Donggala (Kemenag Sulteng), Kepala Kantor Kemenag Donggala , H. Rusdin,  memberikan  sambutan pada kegiatan Doa dan Zikir Mujahadah Akbar, untuk Kesuksesan dan  Keselamatan  Jamaah  Haji Kabupeten Donggala, di gedung Pusat Layanan  Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Donggala, Kamis (23/6-2022)

Menurut H. Rusdin,  doa  dan zikir  digelar  bersama agar  jamaah haji lancar  ibadahnya dan selamat hingga sampai kembali ke tanah air, maka kita yang ditinggalkan dianjurkan untuk mendoakan dan senantiasa memohon kepada Allah  swt, serta menggantungkan  harapan kepadaNya.

“Dari Anas mengatakan bahwa seorang laki-laki menghadap  Nabi  Muhammad Saw, lalu berkata  Wahai Rasulullah, sesungguhnya  aku akan berangkat safar maka doakanlah  aku”  Nabi mendoakan  dengan  mengatakan  semoga  Allah membekalimu dengan ketaqwaan  serta  semoga Allah  mengampuni dosamu  dan  semoga Allah memudahkanmu  dimana saja engkau berada,  jelasnya.

Karena itu, ibadah haji merupakan perjalanan spiritual yang panjang, membutuhkan banyak bekal untuk melaksanakan mulai dari bekal finansial, pengetahuan, hingga bekal spiritual, olehnya doa untuk orang yang berangkat  haji  tentu sangat  bermakna bagi para jemaah haji, tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Penyelenggara  Haji dan Umrah, H. Burhan Munawir,  menyampaikan bahwa  Doa  untuk orang  yang berangkat  haji perlu  diketahui  kaum muslim, sehingga  ketika  melepas  orang yang pergi haji, kita bisa  membacakan doa  demi keselamatan  dan kelancaran Ibadahnya, karena  ibadah  haji adalah perjalanan spiritual yang amat panjang dan dilakukan dengan  hati yang bersih,  terangnya.

Kegiatan  Doa dan Zikir  yang dilaksanakan ini, apabila  orang  berangkat  haji merupaka  tradisi yang  dibacakan  untuk mendoakan  jemaah haji  yang hendak  pergi haji  atau jamaah  haji yang sudah  berada di tanah suci, tuturnya.

Kegiatan  ini  dihadiri  pula Ketua  pengurus Cabang NU Donggala, Anwar Sado,  Rois Suryah H. Imran Dahlan, KUA Banawa, Mansur Godal, dan  para Jemaah Calon Haji Kabupaten Donggala.

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex