- Kontributor
28 Agustus 2021 0:0:0 302

STQH XXVI Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021 Resmi Dibuka

Ket: Plt. Kakanwil) Kemenag) Sulteng,  Gasim Yamani dalam sambutannya secara virtual pada pembukaan STQH XXVI Tkt. Prov. SUlteng di Banggai Laut. 27/8/2021


Palu (Kemenag Sulteng) - Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XXVI Tingkat lProvinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) resmi dibuka oleh Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura secara virtual, dari Rumah Jabatan Gubernur Sulteng, ditandai dengan pemukulan beduk. Pembukaan digelar di Kabupaten Banggai Laut, Jumat, 27/8/2021.

Plt. Kepala Kantor Wilayah (Plt. Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng,  Gasim Yamani dalam sambutannya secara virtual, mengajak masyarakat khususnya umat Islam untuk mempelajari dan mengamalkan AlQuran dan Hadits.

"Melalui momentum STQH XXVI ini, dengan keikhlasan hati mengajak kita untuk mempelajari AlQuran dan Hadits, namun jauh lebih penting mari kita memahami dan mengamalkan AlQuran dan Hadits tersebut” kata Plt. Kakanwil

"Salah satu pengamalan yang penting saat ini adalah dengan memperbaiki dan  meningkatkan hubungan kepada Allah dan sesama manusia, dengan memperbaiki dua hal tersebut Insya Allah kita mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat" ungkap Gasim Yamani

Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura mengapresiasi Pemda Kab  Balut dan masyarakatnya sebagai tuan rumah STQH  XXVI tahun 2021 yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik dan sukses.

Gubernur berharap dengan STQH ini dapat mengembangkan syiar Islam, merekatkan persaudaraan dan kerukunan umat beragama serta menjadi semangat kita membangun daerah dalam bingkai gerak cepat bagi pembangunan Sulteng yang lebih sejahtera dan maju.

Rusdy Mastura mengungkapkan bahwa ajang STQH tidak semata-mata wahana bakat dan menguji para pesertanya akan tetapi bertujuan mengedukasi umat agar semakin mencintai AlQuran, memberantas buta aksara AlQuran, menyempurnakan akhlak umat terutama untuk meluruskan niat membangun Sulteng, memberikan energi spiritual, sosial pada kita semua untuk ikhlas saling membantu meringankan saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Bupati Kab. Banggai Laut selaku Ketua Panitia, Sofyan Kaepa dalam laporannya mengatakan bahwa pembukaan  STQH XXVII ini dilaksanakan secara langsung dan virtual dan dilaksanakan dari tanggal 26 s.d 31 Agustus 2021.  Tempat dilaksanakan pada 5 titik, yaitu arena utama  taman kota banggai dan tampat lainnya.

Maksud dan tujuan pelaksanaan STQH adalah untuk menyambung silaturrahim antar sesama peserta, panitia dan dewan hakim serta masyarakat untuk mengembangkan baca tulis AlQuran dan memahami dan mengamalkan isi kandungannya dan mengharap Rahmat ridho serta  berkah Allah SWT dan tujuannya adalah  memilih peserta terbaik di Prov. Sulteng yang akan diikutsertakan pada STQH Tingkat Nasional di Prov. Maluku Utara tahun 2021.

Cabang yang dilombakan yaitu Cabang hafiz AlQuran golangan 1 juz, 5 juz dan tilawah golongan 10, 20 dan 30  juz, cabang hafalan hadits dengan 100 hadits dengan sanad dan 500 hadits tanpa sanad, cabang Tilawatil Qur'an golongan anak anak dan dewasa dan Cab. Tafsir Bahasa Arab.

Kafilah terdiri dari peserta, official dan pendamping masing-masing kabupaten/kota  masing-masing berjumlah 30 orang jumlah secara keseluruhan 360 terdiri dari 208 peserta dan 152 oficial dan pendamping dan masing-masing dihadiri 5 orang  perwakilan kab/kota secara langsung. Serta Dewan Hakim yang akan bertugas berjumlah 86 orang dan panitera 8 orang.

Pembukaan ini diikuti secara langsung dan virtual oleh Ketua DPRD Sulteng, Wakil Gubernur Sulteng, Kejati Sulteng, Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Kepala Kankemenag Kab/Kota, Kepala Pengadilan Agama Sulteng, Ketua MUI Sulteng, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota, Forkompinda Sulteng dan Daerah, Ketua Umum Pimpinan pusat IPQAH, KH. Said Agil Husein Al Munawar, Ketua tim PKK Sulteng, LPTQ Sulteng dan LPTQ Kab/Kota se Sulteng, para Dewan Hakim dan Panitera, Panitia serta tokoh agama dan masyarakat.

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex