- Kontributor
5 Oktober 2022 0:0:0 229

MTsN 2 Kota Palu Gelar Madrasah Camp Day

Ket: Kepala MTsN 2 Kota Palu, Hj. Munira Labalado, S.Ag pada saat pengambilan sumpah dan penyematan kepengurusan ektrakurikuler MTsN 2 Kota Palu masa bakti 2022-2023 di Alazhar Mandiri Resort Salumbone


Dalam mewujudkan program visi dan misi MTsN 2 Kota Palu khususnya bidang pengembangan kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya melalui wadah organisasi kesiswaan. Untuk itu pihak madrasah senantiasa menggalakkan efektivitas manajemen organisasi yang telah terbentuk dengan mendorong proses estafet kepemimpinan sesuai dengan masa bakti kepengurusan.

Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di MTsN 2 Kota Palu adalah bagian integral dari pembinaan kesiswaan sebagaimana halnya penyelenggaraan proses belajar mengajar. Sedangkan pelantikan dan pengukuhan merupakan suatu proses inisiasi di dalam organisasi. Walaupun selama hampir dua tahun, kegiatan ekstrakurikuler ini terhenti dan tidak diperkenankan untuk dilaksanakan karena pandemi yang melanda dunia.

Pelantikan dan pengukuhan kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan suatu program kegiatan resmi dan rutin MTsN 2 Kota Palu. Tujuan kegiatan ini bukan hanya mengukuhkan calon anggota ekstrakurikuler yang baru, tetapi juga berguna sebagai sarana mengapresiasikan kreatifitas, kerjasama, kekompakan dan kemandirian siswa. Mengembangkan kreatifitas sangat dibutuhkan sejalan dengan perkembangan globalisasi yang dipastikan akan terjadi persaingan yang cukup tinggi. Untuk itu siswa sepantasnya mendapatkan perhatian dalam mengembangkan kreatifitasnya melalui sarana-sarana yang menunjang.

Pada hari Sabtu 1 Oktober 2022, MTsN 2 Kota Palu melaksanakan Madarasah Camp Day (MCD) dengan agenda kegiatan pelantikan dan pengukuhan bersama ekstrakulikuler MTsN 2 Kota Palu masa bakti 2022-2023 dengan tema. Upacara pembukaan yang diikuti oleh semua siswa peserta ekskul yang berjumlah 139 siswa, guru, pembina masing-masing ekskul, tenaga kependidikan serta senior alumni masing-masing eskul. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan bertempat di alazhar mandiri resort Salumbone Kabupaten Donggala.

Kegiatan ini  dibuka oleh kepala madrasah MTsN 2 Kota Palu, Hj. Munira Labalado, S.Ag. Dalam sambutannya, Kepala madrasah menyampaikan; "dalam proses kegiatan ekstrakulikuler di MTsN 2 Kota Palu, siswa sebagai pengurus dan anggota dituntut untuk memiliki kualifikasi dan syarat yang telah ditentukan berdasarkan pengetahuan dan Skill (keterampilan) secara bertahap. Dengan demikian, setiap siswa menjadi tahu tentang adanya proses berjenjang dalam kehidupan mulai ia menjadi seorang calon anggota/peserta sampai ia menjadi seorang aktivis, pengurus, atau pemimpin kelak. Pada tiap jenjang pencapaian kualifikasi yang ditentukan itu, dilakukan suatu proses yang disebut pelatihan dan pelantikan.

Kegiatan ini berlangsung sampai dengan hari Minggu 2 Oktober 2022. dimana pada malam harinya diadakan acara pentas/penampilan masing-masing ekstrakurikuler untuk lebih mengakrabkan antar sesama peserta kegiatan serta membuktikan eksistensi masing-masing eskul. Setelah sebelumnya dilakukan pengambilan sumpah pengurus dan penyematan tanda kebesaran ekstrakulikuler oleh kepala madrasah bersama para pembina ekskul.

Melalui kegiatan pelantikan dan pengukuhan bersama ekstrakulikuler ini mulai dari OSIS, SSN, Pramuka, Genesis Team, UKS, KIR, PMR diharapkan dapat menjadi estafet pretasi yang dapat ditingkatkan pada masing-masing eskul di MTsN 2 Kota Palu. (Naif Abdun)

Tags: -

Editor: -
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex