Humas Monica Kontributor
23 September 2024 11:8:0 286

Pembinaan Pegawai, Kakanwil Dorong Peningkatan Kualitas Kerja ASN

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng, Mohsen Alaydrus (tengah), memberikan pembinaan kepada ASN dan PPNPN di lingkungan Kanwil Kemenag Sulteng, Senin (23/9/2024).


Palu (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Mohsen Alaydrus, mendorong jajarannya untuk meningkatkan kualitas kerja dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan efisien.

Pesan ini disampaikan oleh Kakanwil dalam pembinaan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah Non-Pegawai Negeri (PPNPN) di lingkungan Kemenag Sulteng, yang berlangsung di Aula Kanwil, Senin (23/9/2024). Pembinaan ini merupakan yang pertama setelah Kakanwil Mohsen resmi menjabat.

Dalam arahannya, Kakanwil mengatakan pentingnya memastikan setiap pegawai berada di posisi yang tepat dengan kapasitas yang sesuai. “Kualitas pegawai bukan hanya soal jumlah, tapi apakah mereka telah berada di tempat yang benar dan menghasilkan kinerja yang optimal,” jelasnya. Ia juga menyoroti perlunya pelatihan dan pengembangan untuk memperkuat kompetensi pegawai.

Kakanwil Mohsen menguraikan tiga pilar utama yang harus menjadi landasan dalam bekerja, yakni pemberdayaan, wawasan, dan penemuan diri.

"Pemberdayaan berarti memberikan kepercayaan kepada pegawai untuk mengembangkan diri tanpa harus bergantung pada arahan terus-menerus untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing," ungkapnya.

Ia juga mengajak seluruh pegawai untuk memperluas wawasan mereka terkait pentingnya pekerjaan. Hal ini, menurut Kakanwil Mohsen, akan membuat pegawai lebih dewasa dalam berpikir dan mampu berdiskusi dengan baik.

Selain itu, ia mengingatkan pentingnya penemuan diri melalui ungkapan rasa syukur atas pekerjaan yang dimiliki. "Syukuri jabatan dan pekerjaan yang sudah diberikan, dan jalani dengan baik," katanya.

Dalam kaitannya dengan kedisiplinan, ia menegaskan bahwa disiplin tidak hanya diukur dari ketepatan waktu hadir, melainkan dari kualitas hasil kerja. "Absensi adalah perantara, yang lebih penting adalah kualitas pekerjaan yang dihasilkan," tuturnya.

Kakanwil juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan kerja. Menurutnya, lingkungan yang bersih dan nyaman sangat memengaruhi semangat dan kinerja pegawai. "Mari kita nikmati pekerjaan dengan mulai dari memperbaiki ruang kerja agar lebih rapi dan bersih," ajaknya.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Kakanwil Mohsen menyatakan akan melakukan evaluasi terhadap komposisi SDM yang ada. Evaluasi tersebut akan dilakukan melalui rapat pimpinan sebagai bagian dari sistem kontrol. "The right man on the right place, pola ini akan kita evaluasi lewat rapim untuk membangkitkan kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi," tutupnya.

Tags: Sekjen

Editor: Humas Monica
Fotografer: Humas Ahsan

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex