- Kontributor
28 September 2019 0:0:0 645

Kanwil Kemenag Sulteng Bekerjasama Dengan Kemenag Tolitoli Gelar Dialog Lintas Agama

Ket:


Tolitoli (Kemenag Tolitoli).Bertempat diaula terbuka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Sabtu, (28/09/2019) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli melaksanakan Dialog Liintas Agama dengan berbagai kalangan masyarakat dan profesi di tingkat Kabupaten Tolitoli dengan mengusung tema Peningkatan Toleransi dan Kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama

Kegiatan ini dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Sulteng H. Rusman Langke, Kepala Kankemenag Tolitoli H. Muchlis , Kasubag Hukum dan KUB Kemenag Sulteng Rusli Anggo, Kasubbag Umum Kemenag Sulteng Ratna Muthmainnah,Ketua MUI, Ketua FKUB Kab. Tolitoli, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, dan tokoh masyarakat.

Ketua penyelenggara Kegiatan Ratna Muthmainnah Dalam laporan menyampaikan dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini adalah undang-undang No1/pnps tahun 1965 tentang pencegahan, penyalahgunaan dan atau penodaan agama, kedua adalah  keputusan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No 9 dan 8 tahun 2006 tentang pedoman pelaksanan tugas kepala daerah/wakil kepala daerah  dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan forum kerukunan umat beragama dan pendirian rumah ibadat, ketiga keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Sulawesi Tengah No 1432 tahun 2019.

Adapun tujuannya untuk meningkatkan kerukunan antar umat beragama dalam menciptakan harmoni kerukunan dalam bermasyarakat serta mendiskusikan bersama permasalahan, kendala maupun hambatan yang mungkin ditemui dalam memelihara dan menjaga kerukunan antar umat beragama yang ada di Kabupaten Tolitoli. jumlah peserta sebanyak 60 orang yang terdiri dari pengurus FKUB, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda/perempuan dan penyuluh lintas agama.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulteng Rusman Langke dalam sambutannya dan sekaligus memberikan materi dialog menyampaikan bahwa Kementerian Agama  adalah salah satu Kementerian lembaga yang diamanatkan oleh pemerintah dalam rangka mewujud nyatakan implementasi dari UUD 1945 pasal 29 tentang kehidupan umat beragama agar selalu rukun.

“Kementerian Agama mempunyai visi misi yang harus direalisasikan, terkait dari  itu Kanwil Kemenag sulteng mempunyai program dalam rangka  memperkokoh  hubungan antar sesama umat beragama sesuai dengan visi misi Kemenag sulteng yaitu “Terwujudnya masyarakat Sulawesi Tengah yang taat beragama, rukun, cerdas,dan sejahtera lahir batin dalam rangka mewujudkan indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong”. Olehnya itu ada beberapa kata kunci dari visi Kementerian Agama Sulawesi Tengah yaitu  taat beragama”. Ungkap Rusman.

Usai menyampaikan materi dan membuka kegiatan dialog lintas agama Kakanwil langsung meninggalkan tempat dan digantikan dengan pemateri dari Kesbangpol Tolitoli dan kemudian dilanjutkan dengan materi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli  H. Muchlis.

Setelah selesai membawakan materi, Kepala Kankemenag Tolitoli H. Muchlis atas nama Kakanwil Kemenag Sulteng menutup secara resmi kegiatan dialog lintas agama dengan  berbagai kalangan dan profesi tersebut yang berlangsung sehari itu.(Suherman/Ulla)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex