- Kontributor
17 September 2021 0:0:0 137

PAI Non PNS Parimo Ikuti Sosialisasi Program SEHATI

Ket:


Parigi(Kemenag Sulteng)-Sejumlah Penyuluh Agama Islam Non PNS di lingkungan Kemenag kabupaten Parigi Moutong mengikuti kegiatan Sosialisasi Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI), yang di gelar oleh Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah , kamis 16 September 2021 di aula KanKemenag.

Kegiatan tersebut di buka oleh Kepala Sub. Koordinator Seksi Penerangan Agama Islam Dan Sistem Informasi Kanwil Kemenag Sulteng Sofyan Arsyad, didampingi Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kankemenag Parimo Subhan Lapu.

Dalam arahannya Sofyan Arsyad menyampaikan bahwa agama Islam memberikan tuntunan kepada umatnya untuk memakan makanan yang halal dan thayibah.

Kehalalan sebuah produk makanan dan minuman adalah suatu hal yang harus dilakukan agar bisa menjamin kebaikannya khususnya bagi umat Islam.

Sofyan menjelaskan bahwa di negara-negara barat justru sudah lebih dahulu memiliki produk halal bagi setiap produk makanan mereka. Olehnya pemerintah Indonesia melalui Undang-undang 33 tahun 2014 yang menjelaskan bahwa tahun 2024 semua produk harus mempunyai lebel produk halal dan thyaibah

Ada 3 jalur untuk mendapatkan ijin sertifikasi halal :
1. Jalur mandiri, berbayar.. biasanya perusahaan yg sudah besar dan mempunyai karyawan banyak
2. Jalur fasilitasi, yakni di fasilitasi Oleh dinas terkait, seperti dinas sosial, kesehatan untuk mendapatkan sertifikat halal ini tdk berbayar, gratis.
Melalui jalur fasilitasi ini bisa program SEHATI (Sertifikat Halal Gratis).. program sertifikat usaha gratis dari Kemenag untuk UMKM yang modal usahanya kecil, dengan hanya memenuhi beberapa syarat umum.
3. Jalur self declare.
Selanjutnya masyarakat bisa mendaftar di Laman pendaftaran https//sehati.halal.go.id batas waktu tgl 20 November 2021, ujar Sofyan.

Sementara itu Kepala Seksi Bimas Islam Subhan Lapu mengatakan Sosialisasi program SEHATI di laksanakan untuk para Penyuluh Agama Islam Non PNS di lingkungan Kemenag, dimaksudkan agar mereka mengetahui, memahami dan bisa menjelaskan kepada masyarakat tentang pentingnya produk halal.

Sosialisasi program SEHATI di ikuti oleh PAI Non PNS di Kecamatan Parigi, Parigi Selatan, Parigi Barat Dan Parigi Utara. (Ahdal)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex