- Kontributor
27 September 2023 0:0:0 125

Plh Kemenag Banggai Harapkan Majelis Washotia menjadi Penguat Ukhuwah

Ket: Plh Kepala Kantor Kemenag Banggai Hj. Hanisa Dg Masiseng


Luwuk (Kemenag Sulteng) - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di pelataran Masjid Agung An Nuur Luwuk yang diselenggarakan majelis Wasotiah Sulawesi Tengah, Selasa (26/9/2023).

Acara ini dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Majelis Washotia Kabupaten Banggai periode 2023 s.d. 2026. 

Hadir dalam acara ini, Pelaksana Harian (Plh.) Kepala kantor Kemenag Banggai, Hanisa Dg Masiseng bersama Bupati H. Amirudin, wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin Masulili, beserta jajaran Forkopimda, dan organisasi-organisasi keagamaan dan masyarakat.

 

Sekita seribu orang hadir pada peringatan Maulid, diantaranya majelis-majelis taklim, masyarakat umum, hingga anak-anak sekolah turut menyaksikan pengukuhan.

Penceramah kenamaan, Ustadz Das'ad Latif asal kota Makassar menjadi magnet tersendiri karena isi ceramahnya yang digemari.masyarakat.

Jemaah Maulid telah berdatangan sejak jam 13.00 dan sabar menunggu untuk mendapatkan siraman rohani. Sebelum kedatangan ustadz Das'ad, shalawat terus diperdengarkan oleh santri-santri pondok pesantren Alkhairaat Luwuk.  

Adapun pengukuhan dilaksanakan setelah shalat Ashar, oleh Ketua Wasotia Provinsi Sulawesi Tengah Nilam Sari Lawira.

Dalam sambutannya, Ketua DPD Washotia kabupaten Banggai periode 2023 s.d. 2026 Gilda HM Rumi menyampaikan akan bekerja cepat untuk membentuk pengurus di beberapa kecamatan. Selebihnya sudah ada pengurusnya, dan telah berjalan, jelasnya.

Gilda mengajak kepada para ibu untuk bergabung bersama-sama membumikan Shalawat di Kabupaten Banggai, dan menciptakan generasi generasi pecinta Rasulullah, imbuhnya.

Plh Kepala Kemenag Banggai Hanisa, mengungkapkan Washotia harus menjadi media penguat ukhuwah, syiar, dakwah dan jalan hidayah bagi seluruh pengurus dan jamaah, serta dapat mengambil bagian untuk mewujudkan cita cita bangsa membentuk generasi emas di tahun 2045.

Ia mengharapkan kepada pengurus dan sebagai ibu serta sebagai tokoh masyarakat agar memperlihatkan adab sesuai ajaran agama serta mampu menjadi motivator di lingkungan tempat tinggalnya. Selanjutnya Ia juga mengharapkan agar terus bersinergi dengan pemerintah untuk menciptakan kedamaian dalam bingkai moderasi beragama. 

Washotia harus eksis dan tidak mengeksklusifkan diri. sehingga mampu memberikan kemanfaatan kepada masyarakat, ujarnya.

Bupati Banggai sangat mengapresiasi dan mengharapkan agar bisa saling bekerjasama dengan organisasi keagamaan untuk kepentingan bersama, dan menjaga kedamaian.

"Selamat kepada pengurus yang sudah dilantik, semoga organisasi dapat membantu pemerintah daerah dalam memajukan masyarakat kabupaten Banggai," Kata Bupati.

Kehadiran ustadz Das'ad Latif disambut antusias penuh keceriaan. banyak yang ingin berjabat tangan. Dalam ceramahnya Ia mengingatkan untuk tetap sabar dalam menghadapi kehidupan serta banyak bersyukur khususnya dalam kehidupan berumah tangga. Sangat menegaskan untuk menghindari hutang. karena hutang semakin menyengsarakan. 

Tags: -

Editor: Abduh, S.Sos
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex