- Kontributor
9 Maret 2023 0:0:0 121

Buka Rakor Pakis, Kakanwil Harap Ponpes Kuat dan Mandiri

Ket:


Palu (Kemenag Sulteng) – Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Ulyas Taha membuka kegiatan Rakor Pendidikan Keagamaan Islam Se-Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan oleh Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Sulteng sekaligus mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) se- Sulawesi Tengah masa bakti 2022 – 2026, bertempat di Hotel Sutan Raja Palu, 8/3-2023.

Kakanwil dalam sambutannya mengharapkan agar Pondok Pesantren dapat mandiri dengan membangun dan membentuk ekosistem ekonomi Pondok Pesantren (Ponpes) dan tugas FKPP memberdayakan dan menghidupkan ponpes.

“Kalau ponpes kuat dan tidak bergantung pada pemerintah maka ponpes bisa mandiri dan menjadi pilar kekuatan bangsa dengan mengawal Islam Wasathiyah dan memperkuat 4 pilar kebangsaan yakni : Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika” kata Ulyas Taha

Kakanwil mengatakan dengan dilantiknya FKPP agar menjadi wadah yang dapat memperkuat Ponpes di Sulteng baik secara moral dan ekonomi agar dapat mandiri.

Ulyas Taha berharap pula agar Ponpes dan lembaga pendidikan keagamaan di Sulteng dapat berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.

Ketua Panitia, Ibu Nurhayati melaporkan bahwa kegiatan ini mengusung tema : Tingkatkan Wawasan Kebangsaan dan Kemandirian melalui Pondok Pesantren dan Pendidikan Diniyah

Nurhayati mengungkapkan maksud dan tujuan Rakor ini sebagai wahana silaturrahmi dan saling sharing antar pengelola lembaga pendidikan keagamaan Islam, untuk meningkatkan mutu pendidikan dan  lembaga pendidikan keagamaan Islam pada Ponpes, Lembaga Madrasah Diniyah Taklimiyah dan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an dan mensinergikan program-program yang ada pada bidang Pakis dengan program yang ada pada seksi Pendis, Pontren Pakis pada Kemenag Kab/Kota serta memberikan penguatan kepada lembaga pend agama islam khususnya pada Ponpes tentang kemandirian Ponpes.

Kegiatan ini diikuti oleh 70 Peserta yang berasal dari Kab/Kota se Sulteng yang terdiri dari Kasi Pendis Kemenag Kab/Kota dan Pengurus Ponpes, Lembaga Madrasah Diniyah Taklimiyah dan lembaga Al-Qur'an yang  dilaksanakan dari tanggal 8 – 10 Maret 2023 bertempat di Hotel Sutan Raja Palu.

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex