- Kontributor
3 Agustus 2022 0:0:0 109

Kemenag Sigi Akan Gelar KSM Tingkat Kabupaten 2022, Yuk Catat Tanggalnya

Ket:


Sigi (Kemenag Sulteng) - Sesuai petunjuk dalam Juknis KSM tahun 2022, pelaksanaan KSM akan digelar serentak secara Nasional dimulai pada tanggal 13 – 14 Agustus 2022, setelah terlebih dahulu akan dilaksanakan uji coba KSM pada tanggal 10 -11 Agustus yang akan datang. Dimana untuk KSM Provinsi sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 10-11 September 2022 dan Tingkat Nasional pada tanggal 10 – 14 Oktober 2022.

Demikian dikatakan Kepala Seksi Pendis Kantor Kemenag Sigi Azhar, S.Ag dalam membuka Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) di aula Mts. DDI Lonja, Rabu (3/8/2022).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Ketua Pokjawas Kemenag Sigi Sugiono Lassa, Operator KSM Kemenag Sigi serta para kepala sekolah se-Kabupaten Sigi.

Pada tahun ini, jumlah peserta KSM Kabupaten Sigi sebanyak 230 siswa, yang terdiri dari MI 24 siswa, MTs 106 siswa dan MA 100 siswa.

"Rakor ini penting sebab selain ini merupakan agenda Nasional Kementerian Agama melalui Dirjen Pendis yang sudah berlangsung selama 10 tahun, salah satu tujuan KSM adalah kegiatan yang digelar sebagai Wahana membangun semangat dan gairah berkompetisi di kalangan siswa Madrasah dalam mengelaborasi sains dengan konteks nilai nilai islam" ujar Azhar

Untuk diketahui, Penyelenggaraari KSM tahun ini sedikit berbeda dengan tahun 2021. Bila tahun lalu, KSM tingkat Kabupaten/Kota dan KSM tingkat provinsi diselenggarakan secara daring penuh. Pada skema ini, peserta mengikuti ujian dari tempat atau rumahnya masing-masing. Pada tahun 2022, KSM akan diselenggarakan dengan skema yang berbeda.

Untuk Kabupaten Sigi sendiri, Pelaksanaan ujian pada tingkat Kabupaten/Kota dilaksanakan dalam bentuk pembagian zona, yaitu 5 zona untuk tingkat MI, Mts dan MA yang telah disepakati melalui rapat koordinasi dgn Komite KSM kabupaten serta seluruh Kamad sekabupaten Sigi, sedangkan untuk tingkat Provinsi ditentukan oleh Komite Provinsi. Sementara itu, KSM tingkat Nasional akan diselenggarakan secara terpusat di satu tempat yaitu DKI Jakarta.

 

 

“Saya berharap semua kepala Madrasah mempersiapkan ini dengan sebaik-baiknya agar bisa mendapatkan hasil terbaik dari setiap peserta KSM yang diutus, selanjutnya kepada seluruh guru atau tim KSM yang terlibat agar tetap berkoordinasi dengan baik sehingga kegiatan ini terlaksana dengan lancar sampai pada tingkat Nasional nantinya,” pungkasnya.

 

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex