- Kontributor
19 Juli 2022 0:0:0 202

Kepala Kemenag Tojo Una Una Serahkan SK Pembaruan Ponpes

Ket: Serah Terima Piagam Statistik Ponpes


Ampana (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Tojo Una Una H Abdul Muluk Lanonci menyerahkan Piagam Statistik Pesantren dan Surat Keputusan Penetapan Pembaharuan kepada 9 (Sembilan) Pondok Pesantren yang berada di Kab Tojo Una Una.

Penyerahan tersebut dilaksanakan di ruangan kerja Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tojo Una Una, Selasa 19/07/2022. Penyerahan disaksikan Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Saharudin Supuloro.

Dalam arahannya, Kepala Kemenag Abdul Muluk mengatakan, sebagaimana yang diatur dalam PMA Nomor 30 Tahun 2020 tentang pendirian dan penyelenggaraan Pesantren, seluruh Pesantren baik yang telah didirikan maupun yang akan didirikan diwajibkan memliki izin terdaftar pada Kementerian Agama. Selain itu, Juknis pendaftarannya telah diatur dalam Kep Dirjen Pendis Nomor 511 Tahun 2021 yang dimaksudkan untuk memberikan penjelasan alur proses mengenai pendaftaran keberadaan Pesantren tersebut, ungkap Abdul Muluk.

Senada dengan hal itu Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam menuturkan izin terdaftar bagi pasantren diwujudkan dalam bentuk Piagam Statistik Pesantren (PSP) Izin terdaftar bagi Pesantren berlaku sepanjang Pesantren memenuhi keutuhan pendirian Pesantren, dengan diterbitkannya izin terdaftar bagi Pesantren yang sudah mendapatkan Piagam Statistik secara hukum telah diakui oleh Kementerian Agama untuk melakukan kegiatan dan program sesuai dengan tugas dan fungsi yang melekat pada Pesantren dan berhak mendapatkan pembinaan, tutur Sahar.

Data informasi terkait izin bagi Pesantren merupakan satu kesatuan data dan informasi pada Kementerian Agama, selain juga untuk memudahkan upaya pembinaan dan peningkatan Pesantren pada layanan aplikasi Education Management Information System.

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex