- Kontributor
10 November 2022 0:0:0 67

Sambut Gerhana Bulan, Warga Parigi Laksanakan Shalat Khusuf

Ket:


Parigi(Kemenag Sulteng)- Warga Kecamatan Parigi kabupaten Parigi Moutong Sambut Gerhana Bulan dengan melaksanakan Shalat Khusuf dan Doa Bersama di beberapa masjid yang ada di sekitar kota, selasa 8 November 2022.

Di Masjid Attaqwa kelurahan Bantaya kecamatan Parigi shalat dilaksanakan oleh masyarakat memasuki fase puncak gerhana bulan sekitar pukul 18.30 Wita.

Bertindak sebagai Imam Ustad Hasan M. Nur yang merupakan Penyuluh Agama Islam Non PNS kecamatan Parigi, dan bertindak sebagai Khatib Ustad Abdul Basit yang merupakan Kepala KUA kecamatan Parigi Barat.

Selaku khatib Ustad Abdul Basit meyampaikan bahwa hari ini, tanggal 8 November 2022, terjadi gerhana bulan total, gerhana ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini menegaskan bahwa sesungguhnya gerhana matahari dan bulan, adalah dua diantara sekian banyak kejadian yang menjadi bukti kekuasaan Allah Subhanahu Watala. Allah Mahakuasa untuk menjadikan cahaya matahari dan bulan padam sebagaimana Ia Mahakuasa untuk menjadikan matahari terbit dari arah timur dan terbenam di arah barat.

Selanjutnya Basit menjelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim bahwa pada masa Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam apabila terjadi gerhana matahari. Lantas Baginda Nabi bersegera menuju masjid lalu shalat kusuf bersama para sahabatnya, dan menyampaikan khutbah. Di antara yang dari hadits ini, dapat kita pahami, bahwa hikmah utama dari gerhana adalah peringatan bagi para hamba agar menjauhi seluruh kemaksiatan dan bersegera melakukan berbagai kebaikan seperti shalat, banyak berdoa, banyak berdzikir, bersedekah dan lain sebagainya.

Shalat Gerhana di Masjid At-Taqwa di hadiri ratusan jema'ah dari pondok pesantren Ittihadul Ummah, pondok pesantren Lisaanul Arab, serta para jama'ah di sekitar kota Parigi.

By. (Ahdal)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex