- Kontributor
26 Oktober 2023 0:0:0 107

Lepas Kafilah Pentas PAI Kota Palu, Pesan Kakankemenag Ikhlas Berkompetisi

Ket: Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, H. Nasruddin, L. Midu, melepas kontingen Kafilah pentas Pekan Agama Islam (PAI) Kota Palu ke tingkat Provinsi Sulteng


Palu (Kemenag Sulteng) -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu H. Nasruddin L. Midu, melepas kontingen Kafilah pentas Pekan Agama Islam (PAI) Kota Palu menuju tingkat Provinsi Sulteng. Pelepasan berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Rabu, (25/10/2023).

Hadir dalam acara tersebut kafilah yang mewakili Kota Palu siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK, yang akan maju pentas PAI tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dengan berbagai cabang lomba. Dalam kesempatan tersebut Pengawas PAI Chadijah Al Hasni, menyampaikan nama kafilah yang dikirim mewakili Kota Palu, di Tingkat Provinsi.

 

Kakankemenag Kota Palu, Nasruddin L. Midu hadir memberikan sambutan sekaligus melepas kafilah pentas PAI Kota Palu menuju tingkat Provinsi Sulteng. Dalam sambutannya, Kakankemenag mengapresiasi kegiatan Pentas PAI ini yang merupakan bentuk evaluasi layanan pendidikan kepada masyarakat dan satuan pendidikan.

"Saya berharap kegiatan ini dapat melahirkan anak-anak yang hebat di bidang keagamaan dan dapat menjadi motivasi bagi anak-anak ke depannya."

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta untuk saling mendukung dan memberikan semangat karena hal tersebut merupakan salah satu dari kontribusi kemenangan, “Usahakan raih prestasi semaksimal mungkin agar Kota Palu menjadi juara," ucap Kakankemenag.

Lanjutnya, keberangkatan kafilah kontingen ini sebagai perwakilan Kota Palu di ajang pentas PAI tingkat Provinsi nanti, untuk menunjukkan prestasi terbaik masing-masing, dan tentu hasilnya akan membawa nama baik kota Palu.

Ia juga berharap agar melalui pentas PAI, dapat menumbuh kembangkan pembentukan sikap, mental, sportivitas, kejujuran dan ukhuwah Islamiyah antar sesama siswa, sekaligus dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kompetensi dan prestasi peserta didik.

“Saya berpesan, jadikan lomba ini sebagai wahana aktualisasi dan ekspresi kemampuan dan bakat yang ada. Luruskan niat, tetap junjung tinggi nilai persahabatan dan persaudaraan. Yang terpenting, raih juara dengan sikap yang baik, jujur ikhlas dan terpuji”, pesan Nasruddin L. Midu.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Palu, Rizal memberi dukungan  dan berharap agar pentas PAI ini dapat menemukan potensi maupun bakat yang terpendam dalam diri setiap peserta didik, untuk kemudian dikembangkan, salah satunya adalah keterampilan dan seni.

Olehnya itu, kegiatan ini dilaksanakan, untuk mencari kemampuan terpendam pada bidang Pendidikan Agama Islam baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

“Salah satu dari tujuan pembelajaran yakni menemukan potensi maupun bakat peserta didik untuk dikembangkan. Pentas PAI adalah sarananya, yaitu sarana untuk menemukan bakat, baik akademik maupun non akademik”, ucap Wakil Ketua DPRD Kota Palu.

Panitia Pelaksana, Ketua Pokjawas PAI, Muhammad Asri, dalam laporannya mengatakan, tujuan diadakan Pentas PAI ini adalah untuk memotivasi bakat-bakat anak yang dapat direalisasikan di ajang pentas PAI tingkat Kota Palu.

Pentas PAI untuk memperkokoh silaturrahmi, menumbuhkan semangat perjuangan mencapai tujuan pendidikan Nasional, mengembangkan keterampilan, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengekspresikan diri dan menumbuhkan semangat juang generasi Islami.

Turut hadir dalam kegiatan pelepasan kafilah pentas PAI Kota Palu tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Palu, Rizal, Pokjawas PAI bersama tim, kepala Sekolah, jajaran MGMP Agama Islam, para pengawas PAI, pendamping siswa, serta siswa yang mewakili Kota Palu dan tamu undangan lainnya. (kasman)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex