- Kontributor
3 Januari 2019 0:0:0 553

HIDMATNYA PELAKSANAAN UPACARA PERINGATAN HARI AMAL BHAKTI KEMENTERIAN AGAMA RI KE 73 DI KABUPATEN B

Ket:


Buol (Humas Kemenag),- Setelah diguyur hujan kemarin, Pagi ini Panas terik matahari tidak menghalangi para peserta Upacara Bendera untuk memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI yang ke-73 bertempat di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buol, Kamis, 3 Januari 2019. Upacara HAB Kemenag ini dilaksanakan pada pukul 08.00 WIt.  Meskipun panas matahari semakin menyengat, namun upacara dilaksanakan dengan khidmat dan penuh semangat.

Pada kesempatan kali ini  yang menjadi penyelenggara kegiatan upacara, mulai dari petugas pengibar bendera siswa siswi MAN Buol, juga petugas upacara  MC Ibu Suharni, S.Pd Guru pada MAN Buol, Komandan Upacara Dadang Febriansah, Petugas Pembaca Panca Prasetya Korpri Kepala Mi Almishbah Isman, S.Pd.I, Pembaca UUD’45 Ibu Rifqa Tartila Staf Kemenag Buol,  serta petugas lain seluruhnya Aparatur  Sipil Negara Dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Buol.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Buol H. Abdulah Batalipu, S.Sos, M.Si Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kapolrest Buol, Kajari Buol, Ketua Pengadilan Tinggi Buol Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Kepala-kepala Instansi Vertikal,Kepala Kankemenag Buol beserta seluruh Pejabat Struktural didampingi Istri, para Kepala KUA  se-Kabupaten Buol bersama Istri, Pengawas PAI tingkat Kabupaten dan Kecamatan, Kepala Madrasah se- Kabupaten Buol, siswa dan siswi Madrasah MI, Mts, MA Negri/ swasta, serta hadir pula, Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan tokoh lintas Agama serta seluruh ASN Kementerian Agama Buol.

dalam sambutan menteri agama yang dibacakan langsung oleh Wakil Bupati Buol Pada intinya mengajak kepada warga Kementerian Agama pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam negara kita berdasar Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara,bahkan kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama.

Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu "Jaga Kebersamaan Umat", saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energy kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan. Ajakan yang sama kepada semua elemen bangsa, mari jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bias menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari. Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antarsesama anak negeri. Seluruh ASN dan jajaran Kementerian Agama haruslah menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan kita yang bhinneka. Setiap kita haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, kejujuran, dan keikhlasan memberikan amal bakti bagi segenap warga negara tercinta. Dalam tugas sehari-hari, setiap aparatur Kementerian Agama harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas, untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas.

Pemerintah melalui peran dan fungsi Kementerian Agama hadir memberikan pelayanan keagamaan bagi semua umat beragama dengan berbagai fasilitasi. Kementerian Agama menyelenggarakan pelayanan publik di bidangkeagamaan dengan tiada henti melakukan inovasi. Memasuki Tahun 2019, enam sasaran strategis program Kementerian Agama telah digariskan, yakni: meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama.

Di penguhujung pelaksanaan upacara, Wakil Bupati Buol di damping Kakan Kemenag Buol Drs. H. Nadjamuddin Baropo, Kapolrest Buol, Kajari, Buol dan Kepala Pengadilan Negeri  menyematkan Pengahargaan satya lencana karya satya Kepada  7 orang penerima penghargaan, Imran, S.Ag Kasubbag Tu Kemenag Buol Penerima Penghargaan lencana Karya Satya 30 tahun pengabdian sebagai PNS, Ibu Nurlela S. Ag, Ibu Rusni Talib S.Ag, Ibu Ida nursanti, Ibu Lestari Lamaka SE, Ibu Ariani, S.Ag dan Ibu Zakia Mahmud, S.Pd, M.Si Masing masing menerima satya lencana pengabdian 10 tahun. Dan memberikan penghargaan siswa berprestasi, guru berprestasi , madrash berprestasi dan KUA Teladan.

penulis : ( Iqbal )

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex