- Kontributor
6 April 2021 0:0:0 198

Kemenag Sulteng laksanakan JAMARAH 2021

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng, DR. H. Rusman Langke, M.Pd membuka sekaligus membawakan materi pada kegiatan JAMARAH di Bolroom Danau Poso Hotel Anchyra Poso, Selasa, (6/04/2021)


Poso (Kemenag Sulteng) - Sejak tahun lalu (2018) Jagong Masalah Umrah dan Haji yang disingkat JAMARAH digelar oleh Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) pada Kanwil di 34 Provinsi se-Indonesia.

Kegiatan yang dikemas serius tapi santai ini, menghadirkan para pejabat PHU baik dari pusat maupun daerah. Tahun ini, Bidang PHU Kemenag Sulteng melaksanakan kegiatan JAMARAH pada Selasa (6/4/2021), yang dilaksanakan di Bolroom Danau Poso Hotel Anchyra.

Sekitar pukul 09.00 WITA, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah membuka kegiatan yang diikuti 100 peserta. Adapun peserta kegiatan JAMARAH berasal dari, Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulteng, Bagian Kesra Kab. Poso, Dinas Kesehatan, Kepala Seksi PHU se-Sulteng, Kepala KUA se-Kab. Poso, Ormas – ormas yang ada di Kab. Poso, seperti IPHi, BKMT, dan Jemaah Haji.

Kepala Seksi Dokumen dan pendaftaran Haji, H. Arifin, yang didapuk sebagai Ketua Panitia Kegiatan ini, mengungkapkan bahwa JAMARAH Sulteng sedianya akan dihadiri langsung oleh Kakanwil Kemenag Sulteng dan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, tetapi karena padatnya kegiatan, maka materi hanya di sampaikan secara virtual melalui meeting zoom, tuturnya.

"Kegiatan ini perlu dilakukan dalam menghadapi musim haji tahun depan, meskipun di tengah pandemi COVID-19," ungkap Kakanwil Kemenag Sulteng Rusman Langke secara virtual melalui meetingzoom.

Selain itu lanjut Kakanwil, sekaligus juga memberi informasi tentang penyelenggaraan ibadah haji tahun depan, serta menghimpun masukan untuk penyelenggaraan amanah rukun Islam kelima pada tahun-tahun berikutnya, ujarnya.

Kakanwil mengemukakan sejauh ini pelaksanaan ibadah haji mulai dari pelayanan, pembinaan sampai pada perlindungan terhadap para jamaah terlaksana dengan baik, sebagaimana penilaian Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa pelayanan haji di Sulteng sangat memuaskan.

"Kami sangat bersyukur kegiatan ini masih bisa dilakukan, meskipun pandemi COVID-19 masih merebak di Tanah Air, tetapi kita masih memikirkan masalah umat," ujar Rusman.

Menurutnya, meskipun pelayanan haji di Sulteng dinilai baik, namun pemerintah sebagai penyelenggara tidak boleh terlena dengan pujian tersebut.

Olehnya lanjutnya, perlu perbaikan-perbaikan kekurangan, dan bisa dibantu oleh kelompok-kelompok manasik haji dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji.

"Segala masalah tentang haji dan umrah kita akan bahas supaya tercipta solusi dalam rangka perbaikan pelayanan supaya tahun-tahun akan datang kita bisa melaksanakan ibadah dengan layanan terbaik," kata Rusman,.



Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Khoirizi
dalam paparan materinya secara virtual mengatakan, sejumlah masalah sering kali terjadi dalam pelaksanaan ibadah haji, salah satunya menyangkut penempatan jamaah saat berada di Kota Makkah.



Di samping itu, pelayanan petugas haji juga diatur sesuai zonasi, sebagai upaya memitigasi kendala bahasa yang menjadi masalah selama ini, termasuk menyarankan pemerintah Arab Saudi menyajikan makanan kepada jamaah haji tanah air sesuai dengan kuliner Indonesia.

"Penyesuaian makanan ini agar selera makan jamaah bertambah. Kalau selera makan bagus, maka energi juga pasti bagus. Hal ini sangat mempengaruhi ketika jamaah sedang melakukan perjalanan di titik-titik tertentu," ujarnya.

 

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex