- Kontributor
30 Oktober 2020 0:0:0 1029

PERINGATI HARI SANTRI, BOARDING SCHOOL MAN 2 KOTA PALU GELAR LOMBA SECARA VIRTUAL

Ket: Penyerahan Hadiah bagi Pemenang Lomba Peringatan Hari Santri oleh Kamad MAN 2 Kota Palu


MAN 2 Palu (Kemenag Sulteng) – Islamic Boarding School Ma’had Daarul Muhsin Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu menggelar lomba Thafiidzul Qur’an dan pidato Bahasa Indonesia secara  virtual pada tanggal 22-24 Oktober 2020. Lomba tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2020 yang lalu. 

Masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, memberi dampak yang cukup berat khususnya bagi dunia pendidikan. Keterbatasan akses beraktivas dan berinteraksi sebagai salah satu konsukuensi dalam masa pandemi ini, menjadikan gelaran lomba ini sedikit berbeda dari perayaan rutin di tahun-tahun sebelumnya. Terkait dengan hal ini, maka pengurus Boarding School MAN 2 Kota Palu, Mardiati Rosmah yang bertindak sebagai panitia lomba, berinisiatif untuk melaksanakan program ini secara virtual, dengan cara mengirimkan video melalui aplikasi obrolan.

Mardiati menjelaskan bahwa pelaksanaan lomba ini bukan hanya bertujuan memotivasi jiwa kompetitif namun juga diharapkan dapat memberikan stimulus bagi para santri. Selain itu, diharapkan pula bahwa hal ini  dapat menjadi bahan evaluasi terhadap daya serap santri Boarding School  dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh yang dilaksanakan di semester ganjil ini.   

Panitia lomba yang diwakili oleh Humaerah menyatakan bahwa keberhasilan program ini tak lepas dari dukungan berbagai pihak. “Olehnya, kami sangat mengapresiasi dukungan dan motivasi yang telah diberikan oleh para orangtua/wali santri dan santriwati. Dorongan semangat tersebut dapat dilihat bukan hanya dari banyaknya jumlah santri yang berpartisipasi namun juga terlihat dalam kreatifitas desain video lomba yang sangat baik," jelasnya.   

Dewan juri yang dipimpin oleh Alamsyah Halim dan didampingi oleh dua anggota lainya kemudian memilih tiga pemenang terbaik untuk masing-masing bidang lomba. Peserta terbaik untuk bidang lomba Tahfiidzul Qur’an diraih oleh Nabila Alya Mevia. Sedang untuk bidang lomba Pidato Bahasa Indonesia, dewan juri memilih Hayyu Wulandari sebagai peserta dengan penampilan dan konten terbaik.  

Menanggapi hasil lomba ini, dalam sambutan virtualnya, Senin (26/10), Kepala MAN 2 Kota Palu, Muhammad Anas, menyampaikan rasa syukur dan bangga dengan semangat yang dimiliki para santri Islamic Boarding School MAN 2 Kota Palu. Kebanggaan utamanya adalah tentang komitmen para santri dan semangat mereka yang tak pernah surut untuk terus belajar dan memacu diri meskipun sedang dalam masa pandemi Covid-19.  

Ia juga menyampaikan bahwa ilmu agama yang diperoleh para santri melalui pendalaman dan penguasaan Al-Qur’an akan memiliki prospek dan potensi yang besar sebagai pondasi bidang ilmu mana pun di masa yang akan datang.

Sebagai Kepala Madrasah, Anas memberikan apresiasi terhadap inisiatif dan kreatifitas pihak Pengurus Islamic Boarding School dalam pelaksanaan lomba ini dan merespon secara positif atas upaya setiap unsur madrasah dalam meraih prestasi terbaik dan meningkatkan motivasi belajar siswa demi mewujudkan MAN 2 Kota Palu menjadi madrasah hebat bermartabat. (neeya.r)

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex