Lilis Basira Kontributor
26 September 2024 11:30:0 138

Kakanwil Harapkan Peran Pendidik sebagai Lokomotif Moderasi Beragama

Ket: Seminar moderasi beragama bagi generasi Z


Palu (Kemenag Sulteng) - Kakanwil Kemenag Sulteng Mohsen Alaydrus membuka kegiatan moderasi beragama bagi generasi Z, di Auditorium MAN 2 Kota Palu, Kamis 26 September 2024.

Kakanwil Mohsen mengawali sambutannya dengan menyapa dengan hangat para Gen-Z yang merupakan perwakilan dari Siswa siswi MAN, SMA, SMK, dan SMP/MTs se Kota Palu.

“Mana senyumnya,” ujar Kakanwil ditanggapi riuh para siswa. Sontak terlihat wajah-wajah ceria dengan senyum, menjawab pertanyaan Kakanwil.

Kakanwil Mohsen mengharapkan senyuman para Gen-Z hari ini adalah senyuman Indonesia di masa mendatang. “Mulailah mempersiapkan masa depan indonesia, karena senyum itu (nantinya) akan ditentukan generasi kalian,” ujar Mohsen.

Mohsen menyampaikan, kehadirannya di MAN 2 merupakan hal istimewa, karena dapat berinteraksi langsung dengan para siswa Gen-Z. Ia juga mengapresiasi MAN 2 Kota Palu melalui kegiatan tersebut turut mengawal program Kementerian Agama. Khususnya moderasi beragama.

Beberapa saat yang lalu telah dirilis implementasi moderasi beragama di lingkungan pendidikan. Tidak hanya lingkup pendidikan tinggi, menengah,  dasar, seluruh pendidikan formal.

“Artinya kehadiran lembaga pendidikan menjadi lokomotif bagi implementasi moderasi beragama baik lingkungan pendidikan sampai ke tengah masyarakat,” jelasnya.

Ia berharap peran dari para pendidik, di lingkungan pendidikan, dapat menjadi lokomotif penggerak moderasi beragama. Mulai dari sosialisasi sampai implementasi.

Seluruh civitas akademik diharapkan untuk bersama-sama dalam implementasi dengan kearifan lingkungan atau disebut best practice. Karena nilai moderasi tidak hanya konsepsional dan teoritis, namun bagaimana menumbuhkan nilai-nilai luhur pancasila dalam tatanan kehidupan dimanapun berada.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh OSIM MAN 2 Kota Palu. Para siswa terlihat mengorganisir acara, mulai dari MC acara, dokumentasi, juga penerima tamu. Adapun narasumber yang memberikan materi, Dr. H. Faisal Attamimi, S.Ag, M.fil.I dan Dr. Sahran Raden, S.Ag, M.H, keduanya adalah akademisi dan dikenal sebagai para fasilitator Moderasi Beragama Tingkat Nasional. 

Sebagai informasi, dalam tiga tahun ini MAN 2 Kota Palu turut aktif dalam berbagai kegiatan terkait moderasi beragama. Selain seminar, para siswa juga turut aktif dalam kegiatan moderasi beragama dalam lingkup sekolah hingga nasional. Belum lama ini Tim MAN 2 Kota Palu berhasil meraih peringkat terbaik 3 dalam finalisasi penilaian output kegiatan Advokasi Moderasi Beragama di Madrasah dan Sekolah Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Agama (BLA) Makassar.

 

Tags: Pendis

Editor: Lilis Basira
Fotografer: Lilis Basira

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex