- Kontributor
3 Januari 2022 0:0:0 238

HAB 76 Kemenag Terus Berbenah, Jadikan Agama sebagai Inspirasi

Ket:


Palu (Kemenag Sulteng) -  Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, tanggal 3 Januari 2022 di gelar sederhana di halaman Kanwil Kemenag Sulteng, dengan mematuhi protokol Kesehatan.

Tahun 2022, Transformasi Layanan Umat, menjadi tagline Peringatan HAB tahun ini, ungkap Menteri Agama dalam Pidato tertulisnya yang dibacakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Ulyas Taha.

Dikatakan, transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Menteri Agama mengatakan, pada usia yang ke-76, Kementerian Agama harus terus berbenah, prestasi yang telah diraih harus dipertahankan, dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

“Jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas,” tegasnya.

Selain itu, Menag meminta agar Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi selaku Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

Senada dengan hal ini, Kakanwil Ulyas Taha dalam sambutannya mengatakan sebagai ASN, khususnya Kementerian Agama, memang harus menjadikan agama sebagai inspirasi. ASN Kemenag tidak boleh melakukan gerakan-gerakan politik praktis. ASN Kemenag harus berdiri di tengah-tengah, menjadi netral dalam semua gerakan dan golongan.

Dia juga mengatakan bahwa menteri agama telah mencanangkan tujuh program prioritas Kemenag, salah satunya adalah bagaimana kita bisa membangun pemahaman moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat.

“Alhamdulillah pada tahun 2021 Kementerian Agama telah melakukan itu beberapa kegiatan berkaitan dengan penguatan moderasi beragama khusus bagi aparatur sipil Kementerian Agama, tahun ini mudah-mudahan penguatan moderasi beragama akan kita lakukan dan lebih meluas lagi kepada kelompok-kelompok organisasi dan bahkan sampai ke masyarakat bawah, Kantor Urusan Agama,”

Kakanwil mengajak kepada seluruh ASN Kemenag Sulteng agar berpedoman pada lima nilai budaya kerja. “Ini masih sangat relevan untuk kita jadikan sebagai pedoman bagi Kementerian Agama dalam melakukan pelayanan”.

“Ini bukan hanya sekedar jadi pegangan, tetapi dilakukan dalam tindakan dan gerak Kita di dalam masyarakat dan agama. ASN Kemenag adalah Aparatur Negara yang berbeda dengan ASN yang berada di kementerian dan lembaga, karena kita membawa simbol agama. Ini tidak mudah,” ungkapnya.

Menutup sambutannya, Kakanwil mengimbau agar ASN Kemenag menunjukkan kepada masyarakat luas, membuktikan hadirnya Kemenag di masyarakat.  

Dalam momentum upacara HAB ke-76 ini Kakanwil Kemenag Sulteng, menyerahkan penghargaan Satyalancana Karyasatya 10 dan 20 tahun kepada 55 ASN Kanwil Kemenag Sulteng, Kemenag Kab Sigi, dan Kemenag Kab Donggala.

Selain itu, diserahkan juga, Piagam dan medali KSM Tahun 2021, Penyerahan bantuan server dan CBT Madrasah, Penyerahan sertifikat tanah kepada Kepala Kemenag Kab. Donggala dan Sigi, Penyerahan sertifikat wakaf uang, dan Penyerahan bantuan dari BAZNAS untuk PPNPN Kanwil dan honorer Asrama Haji.

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex