- Kontributor
15 Juli 2019 0:0:0 601

Wakaf Penggerak Ekonomi Umat Islam

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng memberikan sambutan pada acara pengukuhan perwakilan BWI Prov. Sulawesi Tengah


Palu (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah DR.H. Rusman Langke, M.Pd,  mendampingi Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia (BWI) Prof.DR. Ir. H .Muhammad Nuh Dea, mengukuhkan perwakilan BWI Prov.Sulteng masa jabatan 2019-2022 bertempat di Aula Kanwil Kemenag Sulteng, Minggu, 14/7/2019.

Rusman dalam sambutannya mengatakan bahwa wakaf adalah salah satu ajaran agama Islam yang dapat dijadikan sebagai salah satu instrumen untuk menggerakkan ekonomi umat Islam sekaligus memberdayakannya. Hal tersebut dapat diwujudkan jika umat Islam mempunyai kesadaran untuk berwakaf dan dikelola oleh nazhir  yang amanah, profesional dan akuntabel.

Potensi wakaf itu dapat dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Menurut Sensus tahun 2015 jumlah Penduduk Indonesia 266,91 juta jiwa dan 88 %  Atau 213, 528 juta  jiwa adalah Muslim. Dari sisi demografis ini belum disentuh dan dikelola secara maksimal.

Pemerintah menyadari besarnya potensi ini, dan dapat menggerakan perekonomian nasional. olehnya dibentuk BWI dan dikeluarkan regulasi UU No 41 tahun 2004 tentang Wakaf.

Rusman mengharapkan bagi pengurus yang baru dikukuhkan agar dapat melaksanakan tugas dan amanah yang diemban untuk menjadikan wakaf sebagai penggerak ekonomi umat Islam dan ekonomi nasional. (akbar)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex